fbpx

 

Apa Itu Sertifikat TKDN dan Manfaat Penerapannya

 

Apa itu sertifikat TKDN penting diketahui pengertian dan juga manfaatnya sebelum membuat atau mengajukannya ke lembaga terkait. TKDN adalah singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri yang merupakan aspek penting terkait rantai pasokan yang ada di dalam negeri.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan tentang pengertian sertifikat TKDN di bawah ini.

Apa Itu Sertifikat TKDN Sebenarnya?

Sertifikat TKDN merupakan berkas yang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian untuk perusahaan industri sebagai upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Pada tahun 2022 silam, sertifikat TKDN produk ini sudah diberikan sebanyak 1.250 kepada perusahaan-perusahaan industri.

Penggunaan sertifikat TKDN ini diatur dalam Keputusan Presiden tentang Tim Nasional Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Peraturan Pemerintah (PP) dan tentang Pemberdayaan Industri.

TKDN dimaknai sebagai persentase dari nilai komponen produksi  untuk suatu produk dan jasa, serta gabungan dari keduanya yang dibuat di Indonesia. Persentase nilai komponen produksi ini khusus dibuat dalam negeri yang sekaligus memuat biaya angkutan yang ditawarkan.

Selain itu, TKDN juga termasuk preferensi yang dijadikan penentu pemenang di proses pengadaan barang ataupun jasa di instansi. Oleh karena itu, setiap perusahaan industri perlu mengajukan atau membuat sertifikat ini. Pastikan Anda memahami apa itu sertifikat TKDN dan manfaat penerapannya agar lancar dalam proses pembuatannya.

Manfaat Penerapan Sertifikat TKDN

Penggunaan sertifikat TKDN tidak hanya memberikan manfaat bagi perusahaan industri. Lebih dari itu, dengan menerapkan sertifikat ini maka pemerintah juga bisa mendapatkan manfaatnya. Ini yang menjadi salah satu alasan mengapa penggunaan sertifikat ini disampaikan dalam Keputusan Presiden.

Berikut beberapa manfaat penerapannya yang akan diulas lebih lanjut sebagai berikut:

  1. Tercipta lapangan tenaga kerja yang baru

Upaya dari penerapan TKDN adalah meningkatnya penggunaan produk industri. Dengan meningkatnya penggunaan produk ini, maka industri dalam negeri akan terus berkembang dan memproduksi komponen atau barang tersebut.

Produksi yang lancar inilah yang memungkinkan terciptanya lapangan tenaga kerja yang baru. Dimana jika industri terus melakukan produksi maka akan terjadi penyerapan tenaga kerja. Sektor pendukung industri dalam negeri juga umumnya memiliki UKM yang butuh karyawan. Inilah yang nantinya menyebabkan ekonomi di sekitar terus bergerak.

  1. Penambahan Pemasukan PPh

Pajak Penghasilan (PPh) dipastikan akan mengalami penambahan pemasukan jika penerapan TKDN ini sudah optimal. Ini dipengaruhi oleh peningkatan produk-produk yang diproduksi di dalam negeri.

Selain itu, untuk produk yang diimpor juga sebagian masih ada yang Free on Board (FOB) luar negeri. Oleh karena itu penerapan TKDN ini juga memberikan keuntungan bagi pemerintah yang berperan sebagai penarik pajak.

  1. Penghematan Devisa Negara

Dengan menghemat devisa negara maka pemerintah dapat meminimalisir ketergantungan masyarakat dalam menggunakan produk luar. Penggunaan produk impor secara berlebihan akan membuat peningkatan devisa negara menjadi terhambat.

  1. Setara dengan Merek Luar

Dengan menerapkan TKDN, maka produk industri dalam negeri mampu bersaing dengan merek luar. Khususnya dalam kewajiban PPh, kewajiban transaksi, dan produksi. Artinya, manfaat TKDN Indonesia berupaya membuat produk dalam negeri dan luar negeri menjadi setara dari aspek kualitas.

  1. Rasa bangga yang meningkat

Rasa bangga akan produk lokal semakin meningkat dikarenakan penerapan TKDN secara optimal. Selain bangga, timbul juga rasa kepercayaan masyarakat terhadap produk yang diproduksi di dalam negeri tersebut.

Itulah tadi ulasan tentang apa itu sertifikat TKDN beserta manfaat penerapannya. Bagi Anda yang merupakan pelaku industri, jangan lupa membuat sertifikat ini untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri. Selain itu, ada banyak manfaat lainnya yang akan didapatkan dengan memiliki sertifikat TKDN produk ini.

MORE DETAIL INFO FOR TKDN CERTIFICATE PLEASE  CALL US :

CALL / WA : +62811-1280-843 Devi

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *