0811-1280-843

+62172741380

Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

 

Pengertian

 

Pada dasarnya ada banyak kategori aspek dalam studi kelayakan bisnis yang perlu dipahami oleh perusahaan. Beberapa kategori studi memang jadi prioritas utama yang biasanya perusahaan perlukan. Hal ini menyangkut keberhasilan strategi pemasaran untuk prospek ke depannya.

 

Studi kelayakan bisnis adalah riset atau peninjauan mengenai kemampuan suatu perusahaan itu sendiri. Fungsi utama dari studi ini untuk memaksimalkan operasional, keuangan, strategi pasar dan mengurangi keterbatasan perusahaan dengan berbagai opsi penanganan.

 

Aspek perusahaan yang memerlukan peninjauan lebih dalam adalah hukum, ekonomi, budaya, pasar, manajemen dan keuangan. Semua aspek tersebut memerlukan peninjauan lebih lanjut agar perusahaan mampu mempermudah perencanaan bisnis usaha untuk ke depannya.

 

Manfaat Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

 

Tentu saja melancarkan perencanaan bisnis usaha adalah poin penting dari riset tersebut. Meski begitu, masih ada manfaat lain yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan peninjauan. Seperti memperkecil risiko kerugian karena sudah mempersiapkan segala perencanaan secara pasti.

 

Memperkecil kerugian bisa Anda lakukan karena semua aspek peninjauan membantu jalannya proses perencanaan strategi pemasaran. Lalu studi kelayakan bisnis juga dapat mempermudah jalannya pengawasan dan pengendalian usaha setelah memahami hukum yang berlaku.

 

Semua manfaat tersebut memiliki kesinambungan yang membantu perusahaan untuk bisa lebih berkembang. Karena perencanaan terstruktur dengan baik, perusahaan bisa mengeksekusi strategi pemasaran secara efektif melalui kebijakan yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

 

Beberapa Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

 

Tentunya keuntungan tersebut bisa Anda dapatkan ketika sudah memahami apa saja aspek studi kelayakan bisnis perusahaan. Untuk lebih jelasnya, kami akan berikan beberapa penjelasan singkat mengenai kelima aspek penting dalam studi kelayakan bisnis yang perlu Anda ketahui.

 

  1. Aspek Hukum dan Legalitas

 

Agar usaha dapat berjalan dengan mulus, hukum dan legalitas menjadi perhatian utama. Jika dari segi legalitas izin berdirinya perusahaan, NPWP, izin edar hingga izin khusus sangat Anda perlukan agar perusahaan bisa bergerak bebas dalam persaingan pasar.

 

Ketentuan ini sudah terdapat dalam peraturan perundang-undangan sehingga perusahaan wajib menepatinya. Ketika izin sudah Anda dapatkan, maka perusahaan tidak perlu ragu lagi untuk bersaing secara terbuka karena sudah memiliki surat-surat penting.

 

  1. Aspek Pasar dan Pemasaran

 

Pada dasarnya aspek ini mencakup semua tipe segmentasi pasar yang terdiri dari demografi, geografis dan perilaku konsumen. Ketika segmentasi pasar sudah Anda ketahui, maka langkah selanjutnya adalah merencanakan strategi pemasaran dengan baik dan efektif.

 

  1. Aspek Ekonomi dan Budaya

 

Aspek ini pada dasarnya mencakup semua perilaku pasar secara menyeluruh. Pada tahap ini, perusahaan akan meninjau seberapa besar pengaruhnya dalam sistem ekonomi masyarakat sekitar. Selain sistem ekonomi, peninjauan juga mencakup budaya dan pola hidup konsumen.

 

Dengan menganalisis perilaku masyarakat secara mendalam, Anda dapat memaksimalkan celah yang ada. Contohnya seperti kebutuhan pokok masyarakat, permintaan masyarakat, finansial hingga budaya yang bisa perusahaan manfaatkan sepenuhnya.

 

  1. Aspek Manajemen

 

Supaya perusahaan dapat berkembang lebih jauh, sistem operasional juga jadi poin penting yang perlu Anda perhatikan. Manajemen memiliki beberapa poin penting yaitu sumber daya, teknologi, peralatan, teknis dan finansial perusahaan yang menyangkut sistem operasional.

 

  1. Aspek Keuangan

 

Tentu saja perusahaan perlu merencanakan keuangan dengan baik agar semua kebutuhan bisa terpenuhi. Baik itu teknis, sumber daya hingga kegiatan promosi, semuanya butuh dana dengan perencanaan yang baik. Tanpa rencana, usaha bisa jatuh karena salah perhitungan.

 

Kelima aspek saling berkesinambungan antar satu dan lainnya. Jika perusahaan ingin terus berkembang, maka kelima aspek tersebut harus selalu diperhatikan. Karena aspek dalam studi kelayakan bisnis adalah komponen dasar untuk membangun suatu perusahaan.

 

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com