fbpx

Saat ini, Pemerintah sedang berupaya maksimal untuk mengoptimalkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dalam berbagai proyek strategis yang dibiayai oleh Negara. Namun, banyak pelaku industri yang bertanya-tanya, berapa lama proses TKDN dapat diselesaikan?

Berapa Lama Proses TKDN? Panduan Lengkap untuk Pelaku Industri

Sebagai informasi, TKDN mengacu pada persentase nilai komponen produksi yang dibuat di dalam negeri pada suatu produk barang dan jasa. Hal ini menjadikan TKDN sebagai salah satu faktor preferensi yang akan menentukan pemenang dalam proses pengadaan barang dan jasa di instansi.

Informasi Tentang Berapa Lama Proses TKDN Beserta Verifikasinya

Dalam dunia bisnis dan produksi, istilah TKDN sering kali muncul dan menjadi perbincangan penting. TKDN adalah singkatan dari Tingkat Komponen Dalam Negeri, yang mengacu pada persentase atau nilai komponen produksi yang dibuat di dalam negeri.

Konsep ini tidak hanya berlaku untuk produk berbentuk barang saja, tetapi juga mencakup jasa, serta kombinasi antara barang dan jasa. Bahkan, TKDN juga mempertimbangkan biaya angkutan yang dibutuhkan untuk menawarkan setiap produk barang atau jasa tersebut.

Pentingnya TKDN terletak pada perannya sebagai salah satu faktor penentu dalam menilai kompetensi dan keunggulan sebuah produk. Oleh karena itu, proses verifikasi TKDN menjadi sangat krusial dan membawa berbagai manfaat yang signifikan. Namun, berapa lama digitalisasi TKDN dapat diselesaikan?

Ternyata, proses digitalisasi sertifikasi TKDN saat ini dapat dilakukan melalui platform Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas). Program ini dijalankan oleh Direktorat Jenderal Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dengan adanya digitalisasi ini, dapat mempercepat waktu penerbitan sertifikat TKDN. Jadi, dalam kurun waktu 22 hari kerja, sertifikat TKDN sudah dapat diterbitkan.

Setelah Mengetahui Lama Proses TKDN, Cari Tahu juga Panduan Lengkapnya!

Untuk memperoleh verifikasi dan sertifikat TKDN, pihak industri harus mengikuti beberapa langkah penting. Hal ini melibatkan persiapan dan penilaian secara mandiri maupun oleh lembaga independen. Berikut panduan lengkap yang dapat Anda terapkan sebagai pelaku industri:

Langkah pertama yang harus diambil oleh industri adalah melakukan perhitungan mandiri atau self assessment. Perhitungan ini melibatkan penilaian nilai TKDN dalam produk yang diproduksi, baik itu barang maupun jasa. Tujuannya, untuk menentukan persentase komponen dalam negeri yang terkandung dalam produk.

Setelah itu, Anda harus menyiapkan berbagai dokumen pendukung yang diperlukan untuk proses verifikasi. Dokumen-dokumen ini meliputi tanda daftar perusahaan, akta pendirian perusahaan, laporan hasil produksi selama satu tahun terakhir, dan dokumen lainnya yang relevan.

Hasil perhitungan mandiri yang telah dilakukan oleh industri nantinya akan diverifikasi lebih lanjut oleh Lembaga Verifikasi Independen. Verifikasi ini dilakukan oleh lembaga yang telah ditunjuk oleh kementerian, seperti Sucofindo. Lembaga tersebut juga akan memeriksa dokumen terkait yang telah disiapkan oleh industri.

Proses verifikasi dan sertifikasi TKDN membutuhkan biaya yang bervariasi tergantung pada jenis produk yang diajukan oleh industri. Anda perlu mempersiapkan biaya ini sebagai bagian dari proses pengajuan sertifikasi. Biaya ini mencakup berbagai tahapan verifikasi hingga penerbitan sertifikat TKDN.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas secara cermat, Anda dapat memastikan bahwa telah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan verifikasi TKDN yang diperlukan. 

Setelah itu, hal tersebut secara otomatis juga akan meningkatkan daya saing produk Anda di pasar domestik dan internasional. Nah, kebingungan mengenai berapa lama proses TKDN telah Anda terjawab lengkap dengan panduan lengkap untuk mendapatkan verifikasinya.

Bersama PT Mitra Konsultan Industri, proses mendapatkan verifikasi TKDN Ada tentunya akan menjadi lebih mudah dan efisien. Kami menawarkan layanan konsultasi profesional yang akan membantu industri Anda melalui setiap langkah. 

Mulai dari perhitungan mandiri hingga verifikasi akhir oleh lembaga independen. Segera konsultasi dengan tim kami sekarang juga melalui website utama kami.MORE DETAIL INFO PLEASE  CALL US :

CALL / WA : +62811-1280-843 Devi

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *