fbpx
Biaya Pembuatan Master Plan
Biaya Pembuatan Master Plan

 

Biaya Pembuatan Master Plan

 

Ancang-ancang biaya pembuatan master plan transparan dari awal membantu klien dalam mempersiapkan dana tanpa kekurangan. Pertimbangan dana tentunya memperhatikan berbagai aspek, mulai dari pendirian bangunan utama sampai berbagai dana tidak terduga.

 

Semenjak dikeluarkannya Permenkes No. 58 Tahun 2014, Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit harus memenuhi tiga hal. Tiga hal tersebut adalah studi kelayakan, master plan, dan juga detail engineering design. Makin banyak aturan, harapannya fasilitas semakin oke.

 

Pembangunan rumah sakit, tempat wisata, halte, dan berbagai layanan publik lainnya sudah sewajarnya mengikuti pedoman baku, Hal ini karena berbagai fasilitas umum bagi banyak orang sehingga kenyamanan menjadi sasaran utama mendirikan fasilitas itu.

 

Jika belum ada gambaran sama sekali terkait kisaran dana perencanaan pembangunan, maka Anda bisa bertanya dan mencari ke banyak sumber. Pastikan sumber yang Anda dapatkan adalah sumber terpercaya agar menjamin informasi tersebut akurat.

 

Ilustrasi Biaya Pembuatan Master Plan untuk Fasilitas Medis

 

Bicara soal biaya pembuatan dari master plan sebenarnya akan muncul rincian berbeda. Hal ini tergantung pada luas bangunan dan apa saja detail pengerjaannya.

 

Namun, sebagai acuan saja, kami berikan ilustrasi perencanaan pembangunan untuk fasilitas kesehatan. Jika pembangunan menggunakan hitungan biaya per meter persegi maka kurang lebih penggambarannya seperti ini:

 

  1. Pembangunan klinik seharga Rp50.000 per meter persegi dengan lama pengerjaan selama 1 bulan.
  2. Pembuatan Rumah Sakit Khusus dengan biaya Rp120.000 per meter persegi yang estimasi penyelesaiannya sampai 2 bulan.
  3. Pendirian RSU tipe D dengan kisaran dana Rp135.000 per meter persegi dan estimasi waktu selesai sampai 2 bulan.
  4. RSU tipe C bisa lebih murah, yakni Rp125.000 per meter persegi, namun lama penyelesaiannya sampai 3 bulan.
  5. Terakhir, RSU tipe B dengan ancang-ancang budget Rp100.000 per meter persegi dan waktu penyelesaian sampai 4 bulan lamanya.

 

Berbagai kisaran biaya pembuatan master plan tersebut tidak termasuk dengan biaya lainnya. Contohnya, ongkos transportasi, tes kesehatan selama pandemi belum berakhir, juga termasuk revisi jika melebihi kesepakatan perbaikan pada awal perjanjian.

 

Faktor Perhitungan Layanan Master Plan

 

Perkiraan dana dari tiap layanan akan memberikan gambaran berbeda. Namun, rata-rata layanan memasukkan beberapa faktor pemicu hitungan berikut:

 

  1. Biaya personil dengan tenaga profesional berbagai bidang. Semua bekerja secara profesional dan harus mendapatkan imbalan seimbang. Terlebih, jika bangunan untuk urusan bisnis, tentu tidak boleh asal-asalan.
  2. Penggunaan software atau perangkat lunak pendukung desain berbayar. Tidak mungkin seorang profesional menggunakan software gratisan untuk bekerja. Ini juga masuk pertimbangan gambaran biaya pembuatan untuk tujuan apapun.
  3. Hardware atau perangkat keras membutuhkan yang khusus, spesifikasinya bukan komputer kantoran biasa. Ini juga termasuk modal besar.
  4. Biaya diskusi dari awal pertemuan sampai mendapatkan kesepakatan adalah modal waktu dan tenaga yang terkuras dan cukup memakan banyak pikiran.

 

Kurang lebih keempat pertimbangan tersebut yang menjadikan rate harga layanan bisa mahal atau sebaliknya. Namun, jika mempercayakan kerja sama pada layanan profesional maka harga seimbang dengan hasil akhir.

 

Hal terpenting yang harus menjadi prioritas adalah menemukan jasa terpercaya dahulu. Setelah itu pastikan komunikasi lancar dan klien mendapatkan informasi akurat setiap saat. Persoalan dana harus transparan agar tidak menjadi sebab kerugian untuk dua pihak.

 

Transparansi dana amat penting sebagai acuan persiapan budget dari dana pokok sampai hal tidak terduga. Jika anggaran biaya pembuatan master plan tepat, maka jumlah biaya tidak terduga tidak akan melambung tinggi, bahkan tidak akan ada sama sekali.

 

 

Baca Juga :  Syarat Membuat SUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

One Response

  1. kami dr RS daerah ingin membuat masterplan pengembangan RS dari tipe D menjadi tipe C
    brp kah budget dan setelah pekerjaan dilaksanakan dokumen yg kami dapatkan ap sajakah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *