0811-1280-843

+62172741380

Biaya Sertifikasi Organik Sucofindo

Biaya Sertifikasi Organik Sucofindo

 

Biaya Sertifikasi Organik Sucofindo

 

Sebagai salah satu lembaga pemberi label organik, ada rincian biaya sertifikasi organik Sucofindo yang harus Anda ketahui jika ingin memanfaatkan jasa dari layanan ini. Belum banyak produk organik karena berbagai faktor, salah satunya ribet dan bandrol harga mahal.

 

Namun, selama menemukan tempat tepat maka Anda akan mendapatkan penawaran harga ekonomis dengan pelayanan maksimal. Untuk dikonsumsi sendiri, tanaman organik tentu tidak membutuhkan legalitas berupa sertifikasi dari lembaga-lembaga berwenang.

 

Namun, jika tujuannya untuk jual beli maka sertifikat merupakan hal penting karena itu yang menentukan sebuah produk dapat laris manis. Orang akan melihat label pada bahan pangan sebelum membelinya guna memastikan bahwa program hidup sehat akan berjalan baik.

 

Bagi perusahaan, demi bisa sampai ke tahapan mendapatkan pelanggan tetap, lebih dulu harus melalui banyak jalan. Mulai dari budidaya sampai pemenuhan kebijakan, termasuk dengan pemenuhan biaya sesuai dengan ketentuan yang ada dari berbagai lembaga terkait.

 

Kisaran Biaya Pengurusan Sertifikat Organik Sucofindo

 

Sucofindo sebagai lembaga pemberi sertifikat organik resmi Indonesia menawarkan biaya untuk sertifikasi organik Sucofindo mematok nilai dari angka Rp15 sampai 30 juta rupiah ketika tahun 2013. Untuk update sekarang Anda bisa langsung menanyakan ke admin bersangkutan.

 

Caranya mudah, datangi situs Sucofindo langsung kemudian cari contact servicenya dan tanyakan berapa biaya pengurusan sertifikat organik. Berbeda bahan pangan maka berbeda juga kisaran harga pengurusan sertifikat karena tingkat kesulitannya juga bisa berbeda-beda,

 

Berapa saja  biaya yang ada, jatuhnya akan lebih murah jika Anda bisa mengajak beberapa orang untuk melakukan sertifikasi. Biaya yang keluar ketika pemeriksaan kolektif ke lapangan berikut pemeriksaan lainnya jauh lebih murah dibandingkan Anda mengajukan sendirian.

 

Ketika sertifikat terbit maka masa berlakunya sampai 3 tahun ke depan. Setelah itu akan berlaku survey lapangan oleh tim untuk memastikan bahwa lahan Anda masih cocok berlabel organik. Untuk pemeriksaan rutin ini kena biaya lagi setengahnya, yakni RP7,5 sampai 15 juta.

 

Perbedaan biaya sertifikasi organik Sucofindo berdasarkan pada jenis pangan yang Anda budidayakan. Pola hidup sehat menjadi dambaan setiap orang agar tubuh mendapatkan banyak kekuatan serta kesehatan untuk menjalani kehidupan secara lebih baik.

 

Kendala Petani Mengurus Bahan Pangan Organik

 

Referensi harga pada pembahasan sebelumnya merupakan referensi beberapa tahun ke belakang, sudah cukup lama untuk menjadi acuan sekarang. Namun, Anda tetap bisa bertanya informasi akurat ke sumbernya langsung.

 

Bisa jadi lebih mahal, mengingat waktu sudah lama berlalu sekaligus semakin berkembang zaman pasti semakin canggih metode sertifikasi.

 

Petani Indonesia mungkin ada banyak yang menanam pangan secara organik. Namun, beberapa darinya mengaku kesulitan perihal biaya sertifikasi organik Sucofindo yang terlalu mahal. Catat bahwa mahal murahnya itu relatif, tergantung sudut pandang tiap orang.

 

Terlepas dari mahal maupun murah yang sifatnya relatif, pihak Kementan pernah memberikan keterangan bahwa semakin harga naik, salah satunya pengaruh luar negeri. Pasar pangan ekspor luar negeri meminta lebih banyak produk organik dipasarkan Indonesia.

 

Sebenarnya biaya pengurusan sertifikat Indonesia sesuai dengan pekerjaan para lembaga, baik langsung ke lapangan maupun saat meninjau dokumen. Karena kepentingannya untuk hajat hidup orang banyak, maka aturan ketat memang mau tidak mau wajib terpenuhi.

 

Detail dan informasi akurat mengenai berapa budget yang harus ada bisa langsung bertanya ke lembaganya. Anda bisa mulai mempersiapkan biaya sertifikasi organik Sucofindo sesuai list dari perusahaan terkait, rencanakan seluruh aspek, termasuk dengan harga sertifikat.

 

 

 

Baca Juga :  Pembuatan IPAL

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com