fbpx

Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) adalah nilai persentase keseluruhan dari komponen produksi dari dalam negeri berupa barang, jasa, maupun gabungan dari barang dan jasa. Biaya tenaga kerja, transportasi, mesin produksi, peralatan pertanian, serta komponen penunjang produksi lainnya termasuk dalam TKDN. Hal tersebut guna mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang digaungkan pemerintah. Lalu berapa biaya sertifikasi TKDN yang harus dikeluarkan untuk pengajuan ke pemerintah?

Tidak perlu khawatir terkait biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin. Dikarenakan saat ini,Kemenperin telah memberikan kemudahan bagi pelaku bisnis maupun pemilik industri dalam pengajuan kepemilikan sertifikat melalui sertifikasi TKDN produk. Kemenperin telah memfasilitasi proses sertifikasi TKDN dengan mudah dan memberikan keuntungan yang maksimal untuk bisnis Anda. 

Berapa Biaya Sertifikasi TKDN?

Mengapa TKDN ini penting dilakukan sertifikasi oleh perusahaan? TKDN diimplementasikan dimaksudkan pemerintah, guna meningkatkan penggunaan produk dalam negeri ketimbang produk impor. Sehingga dapat meningkatkan daya saing dan kualitas produk dalam negeri. Baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri. 

Oleh karena itu mengapa pentingnya produk Anda memiliki sertifikasi TKDN. Biaya sertifikasi TKDN ini pun cukup terjangkau. Sehingga tidak akan membuat Anda kerepotan mengeluarkan budget yang cukup banyak untuk melakukan sertifikasi. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pinjaman hiba, pola kerja sama dengan pemerintah untuk membantu perusahaan mendapatkan sertifikat TKDN secara gratis. 

Namun perlu Anda ingat, setiap perusahaan hanya memiliki kesempatan mengajukan sertifikasi TKDN hanya untuk 2 produk saja. Sehingga untuk pengajuan sertifikasi pertama dan kedua Anda tidak perlu membayar pengajuan biaya sertifikasi TKDN. Sedangkan untuk pengajuan ketiga dan seterusnya, Anda perlu mengeluarkan biaya sertifikasi TKDN. 

Terkait biaya sertifikasi TKDN ini bervariasi berdasarkan jenis produk yang di survei dan verifikasi oleh surveyor. Komponen yang diverifikasi oleh surveyor, adalah proses produksi mesin yang digunakan secara langsung maupun tidak langsung oleh tenaga kerja, biaya tidak langsung pabrik (seperti listrik, gas, telepon), fasilitas produk yang digunakan selama proses produksi, menghitung porsi lokal dan impor dari bahan baku material, serta komponen pendukung produksi lainnya.  

Biaya Sertifikasi TKDN

Kemenperin memberikan biaya sertifikasi TKDN secara gratis untuk 9.000 produk industri kecil dan menengah serta industri skala besar. Pengajuan biaya sertifikasi TKDN gratis ini diharapkan mampu meningkatkan target nilai rata-rata TKDN naik menjadi 50% pada tahun 2024 dari 43,3% pada tahun 2020. 

Kemenperin Memfasilitasi Biaya Sertifikasi TKDN dalam P3DN

Di tahun ini 2022, Kemenperin akan memfasilitasi perusahaan industri dalam negeri untuk mempermudah mendapatkan sertifikat TKDN dengan target sebanyak 1.250 sertifikat produk yang terbit. Untuk menunjang terlaksananya target tersebut, Kemenperin telah mengalokasikan dana pembiayaan melalui anggaran Prioritas Nasional (PN) sebanyak Rp20 miliar. 

Produk yang akan difasilitasi oleh Kemenperin yaitu produk industri, alat kesehatan, alat, dan mesin pertanian, farmasi, permesinan, elektronika, serta telematika. 

Selain produk-produk tersebut, Kemenperin juga memfasilitasi biaya sertifikasi TKDN dan Bobot Manfaat Perusahaan (BMP) melalui Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Kemenperin. P3DN Kemenperin tersebut meliputi produk industri logam, komunikasi, telekomunikasi, elektronika, telematika, kelistrikan, kimia, pupuk, otomotif dan komponennya, keramik, semen, tekstil, serta produk Industri Kecil dan Menengah (IKM). 

Biaya sertifikasi TKDN dan BMP dalam P3DN Kemenperin, Anda bisa mengajukan penghitungan mandiri atau self assessment nilai TKDN produk atau jasa. Proses asesmen tersebut Anda akan didampingi oleh konsultan TKDN. Hasil dari nilai TKDN akan dilakukan verifikasi oleh lembaga verifikasi independen yang telah ditunjuk oleh Kemenperin langsung.  

Pengajuan Sertifikasi TKDN Mudah dan Gratis 

Sebagai upaya meningkatkan penggunaan produk dalam negeri melalui belanja pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), pemerintah terus mengoptimalkan proses sertifikasi TKDN. 

Oleh karena itu Kemenperin melakukan terobosan guna mempercepat, mempermudah, dan memperbanyak sertifikat TKDN. Salah satu langkah yang dilakukan Kemenperin, yaitu menyederhanakan proses pengurusan sertifikasi TKDN untuk Industri Kecil (IK). 

Penyederhanaan sertifikasi TKDN adalah proses mengimplementasikan UU No 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, yang berbunyi pemerintah pusat dan daerah wajib mengalokasikan paling sedikit 40% anggaran untuk produk Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dan koperasi. Maka saat ini untuk melakukan sertifikasi TKDN Anda hanya perlu melewati 2 tahapan saja. 

2 Tahapan Sertifikasi TKDN

Tahapan tersebut yaitu yang pertama permohonan sertifikasi TKDN IK dan input data melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINas). Kemudian langkah selanjutnya yaitu verifikasi TKDN IK. 

Jika proses pengajuan sertifikasi TKDN selesai, Anda bisa mencetak sendiri sertifikat TKDN yang diperoleh. Sedangkan untuk melakukan self-assessment penghitungan TKDN, Kemenperin memberikan kesempatan kepada Anda melakukannya secara mandiri dan melaporkan hasil penilaian melalui SIINas.

Kedua tahapan tersebut dapat dilakukan dengan sangat mudah, cepat, tanpa biaya sepeserpun. Bahkan proses pengajuan sertifikasi hingga sertifikat terbit hanya membutuhkan waktu maksimal 5 hari saja. Memudahkan Anda bukan?

Kemudahan dalam pengajuan sertifikasi TKDN ini dimaksudkan untuk mempermudah dalam merealisasikan komitmen belanja Pinjaman Dalam Negeri (PDN) dari pemerintah, BUMN, atau BUMD. Tidak hanya itu saja, dengan semakin mudahnya penerbitan sertifikat TKDN bertujuan untuk ikut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah.

Guna program ini dapat terlaksana dengan baik, Menteri Perindustrian (Menperin) meminta kontribusi dari pemerintahan daerah untuk melakukan sosialisasi terkait kedua langkah pengajuan sertifikasi TKDN tersebut. Pemerintah daerah juga diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa industri-industri yang memperoleh kemudahan fasilitas ini hanya untuk IK saja. 

Kemenperin juga melakukan penguatan data suplai produk dalam negeri, guna memberikan informasi produk yang telah ber-TKDN dan produk yang diproduksi dalam negeri. Langkah tersebut diharapkan dapat memberikan tingkat prioritas bagi industri dalam negeri terpilih dan digunakan dalam pengadaan barang atau jasa melalui tender.  

Pendaftaran Pengajuan Sertifikasi TKDN Kepada Siapa?

Bagi Anda yang pertama kali melakukan sertifikasi TKDN, sepertinya Anda  akan merasa kebingungan harus mendaftar pengajuan dimana. Kemenperin telah menunjuk 2 lembaga surveyor independen untuk membantu pengajuan sertifikasi TKDN suatu produk. 

Kedua lembaga tersebut yaitu PT Surveyor Indonesia dan PT Sucofindo (Persero). PT Surveyor Indonesia adalah unit bisnis industri dan fasilitas. Sedangkan PT Sucofindo (Persero) adalah unit bisnis strategis pemerintahan dan bagian verifikasi keteknikan. 

Biaya Pengurusan Sertifikasi TKDN Gratis dari Kemenperin, Inilah Persyaratan untuk Pengajuannya

Untuk bisa menikmati fasilitas biaya sertifikasi TKDN secara gratis dari Kemenperin, produk Anda harus memenuhi persyaratan di bawah ini terlebih dahulu:

1. Nilai Minimal TKDN 

Biaya sertifikasi TKDN produk gratis diberikan kepada perusahaan dengan syarat memiliki nilai minimal TKDN sebesar 25% dan nilai BMP 40%. Anda bisa menikmati fasilitas gratis tersebut dari Kemenperin pada produk dengan jenis bahan baku dan proses produksi yang sama meskipun berbeda dimensi. Sedangkan untuk kelompok mesin dan peralatan  pertanian, nilai TKDN harus mencapai sekitar 14,5% hingga 96,3%. 

2.  Persyaratan Kelengkapan Dokumen

Dokumen yang harus Anda siapkan untuk pengajuan sertifikasi TKDN, yaitu memiliki perizinan berusaha sektor industri atau Nomor Induk Berusaha (NIB), Akta Pendirian Perusahaan, Izin Usaha Industri (IUI), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), laporan hasil produksi satu tahun terakhir, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan dokumen yang dibutuhkan lainnya. 

Pastikan dokumen yang dibutuhkan masih dalam masa berlaku. Jika masa berlaku dokumen telah berakhir, Anda bisa melakukan pengajuan secara online melalui Online Single Submission (OSS) di Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). 

Jika produk Anda telah memenuhi persyaratan di atas, maka sertifikat akan ditandasahkan oleh Kemenperin. Tanda sah sertifikat TKDN dan hasil verifikasi ditandatangani oleh pejabat yang ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal Kemenperin atas nama Menperin. Setelah itu Anda berhak mendapatkan sertifikat TKDN dari Kemenperin untuk produk Anda. 

Keuntungan Memiliki Sertifikat TKDN dari Kemenperin

Kepemilikan sertifikat TKDN produk dapat mendukung kinerja industri dan mengakselerasikan pemulihan ekonomi nasional secara maksimal. Melalui perbaikan kondisi pasar menjadi lebih baik lagi. Kelebihan tersebut telah dibuktikan dengan kajian melalui metode survei yang dilakukan pada rentang bulan Juli hingga September. Metode survei tersebut dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pemilik sertifikat TKDN. 

Sertifikat TKDN Berdasarkan Survei

Hasil survei menyebutkan bahwa dengan memiliki sertifikat TKDN dapat meningkatkan volume penjualan dan produksi perusahaan. Tidak hanya itu saja, sertifikat TKDN berperan penting dalam meningkatkan utilitas industri dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja serta input produksi barang atau jasa. 

Berdasarkan data sekunder dari hasil survei tersebut, menyebutkan bahwa simulasi model Computable General Equilibrium (CGE) memberikan dampak positif terhadap peningkatan Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 0.94%. Terdapat juga perbandingan antara nilai transaksi belanja PDN dalam pengadaan pemerintah dengan berdasarkan manfaat ekonomi Produk Domestik Bruto (PDB) sebanyak Rp72,6 triliun. 

Jumlah tersebut dalam artian tiap Rp1 triliun belanja PDN mampu menghasilkan Rp2,2 triliun bagi perekonomian Indonesia. Peningkatan jumlah PDB dapat disebabkan, karena adanya peningkatan komponen pendukung pada konsumsi rumah tangga sebesar 2,2% dari upah riil dan investasi 2,42%. Secara agregat, peningkatan upah riil ini sebesar 0.72% dan terjadi penyerapan tenaga kerja 0.49%. 

Sedangkan secara umum, peningkatan sektor industri terhadap pengolahan output produk dapat meningkatkan sebesar 0.62% hingga 1.68%. Hal tersebut bisa terjadi jika pelaksanaan program pemerintah dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri pada pengadaan barang atau jasa pemerintah atau tender dapat terus terlaksana dengan baik.    

Berdasarkan hasil kajian di atas. Dapat menunjukan intervensi pemerintah pada penggunaan produk dalam negeri mampu memberikan dampak dan keuntungan yang maksimal terhadap perkembangan perekonomian nasional. Perekonomian ini baik dalam skala ekonomi mikro maupun sektoral. 

Dikarenakan kepemilikan sertifikat TKDN ini sangat berguna bagi Anda, oleh karena itu, penting halnya Anda memiliki kepemilikan sertifikat. Anda bisa mendapatkan sertifikat melalui jalur fasilitasi biaya sertifikasi TKDN gratis dari Kemenperin maupun pembiayaan mandiri. Anda bisa memiliki biaya sertifikasi TKDN tersebut sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan sertifikat produk Anda. 

Mengapa Anda Harus Melakukan Verifikasi TKDN Melalui Sertifikasi Produk? 

Sertifikat TKDN adalah bukti legalitas nilai TKDN produk dan wajib dimiliki oleh tiap produk dalam negeri. Sangking pentingnya sertifikat TKDN yang Anda miliki, pemerintah terus mengupayakan mengsosialisasikan peraturan yang memuat kewajiban menggunakan produk dalam negeri terutama yang telah ber-TKDN. Seperti pada Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 tentang pemberdayaan industri. 

Verifikasi TKDN dapat membantu regulasi perusahaan Anda menjadi lebih baik lagi. Namun, apakah hanya itu saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan verifikasi TKDN melalui sertifikasi produk? Tentu saja tidak, Anda juga bisa mendapatkan berbagai manfaat yang sangat menguntungkan bagi perusahaan maupun membantu pelaksanaan program pemerintah. 

1. Meningkatkan Peluang Menang Tender

Jika Anda tertarik mengikuti tender, memiliki persentase menang cukup tinggi jika produk atau jasa telah memiliki sertifikat TKDN. Dikarenakan TKDN menjadi salah satu komponen wajib yang harus dimiliki dalam proses tender atau lelang di instansi pemerintah dan perusahaan Kontraktor Kerja sama (KKS) atau perusahaan minyak dan gas. Hal tersebut dapat meningkatkan daya saing perusahaan dan peluang bagi Anda dalam memenangkan tender. 

Tidak hanya itu saja, berdasarkan Perpres 16 Tahun 2018 pasal 66 menyatakan bahwa perusahaan yang telah mencapai persentase capaian TKDN lebih dari 25% dan mendapatkan kontrak > Rp1.000.000.00,00 berhak memperoleh insentif dari pemerintah. Insentif tersebut berupa preferensi dalam menentukan pemenang tender. 

Jadi jika perusahaan Anda mengajukan penawaran terlebih dahulu melebihi peserta tender lainnya. Tetapi peserta tersebut belum melakukan sertifikasi TKDN atau hasil TKDN yang dimiliki lebih kecil dari Anda. Maka perusahaan Anda memiliki peluang yang cukup besar menjadi pemenang tender dalam proses evaluasi akhir pengadaan. Cukup menguntungkan bukan? 

2. Meningkatkan Nilai Ekonomi dan Sosial Masyarakat

Melalui program TKDN ini, pemerintah memiliki target dalam menciptakan lapangan pekerjaan dalam negeri lebih banyak. Sehingga semakin banyak pula tenaga kerja dalam negeri yang mampu memproduksi barang atau jasa dengan brand dalam negeri. Hal tersebut dimaksud agar masyarakat tidak ketergantungan menggunakan produk atau jasa luar negeri atau impor.  

Biaya Pengurusan Sertifikasi TKDN Murah Hanya Dari Kami

Ingin melakukan sertifikasi TKDN untuk produk Anda tetapi memiliki kendala dalam pengurusannya? Atau terkendala masalah biaya sertifikasi TKDN? Tenang saja, bersama kami permasalahan pengajuan sertifikasi TKDN dapat teratasi dengan  mudah.. 

Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang konsultan dan berfokus dalam membantu meningkatkan kinerja industri melalui perbaikan proses bisnis, penurunan biaya, dan peningkatan produktivitas. Sehingga dengan menggunakan jasa dari kami dapat membantu meningkatkan profitabilitas perusahaan Anda dengan maksimal. 

Kami juga mampu memberikan saran dan keahlian kepada individu, bisnis, dan organisasi untuk membantu meningkatkan kinerja, struktur, manajemen, serta komponen kerja penting lainnya. Saran tersebut kami berikan terjamin berkualitas dan terbaik karena telah melalui tahap analisa dan identifikasi kebutuhan sertifikasi TKDN terlebih dahulu. 

Lalu mengapa Anda harus menggunakan jasa kami?

1. Tim Ahli dan  Berpengalaman

Tim kami telah dibekali dengan pengalaman dan profesionalisme dalam bekerja yang sangat mumpuni. Maka dalam melayani kebutuhan sertifikasi TKDN Anda kami mampu berkontribusi dengan baik melalui proses konsultasi, pelatihan, hingga tahap implementasi dengan maksimal. 

2. Hasil Berkualitas

Kami selalu memberikan hasil yang berkualitas untuk Anda melalui berfokus pada hasil nyata. Sehingga dengan menggunakan jasa kami dapat meningkatkan keefektifan manajemen perusahaan baik industri maupun organisasi. Tidak hanya itu saja, kami juga dapat menjamin tidak akan semakin menambah beban perusahaan Anda untuk pengajuan sertifikasi TKDN. Bersama kami, Anda bisa mendapatkan sertifikasi TKDN terwujud dengan cepat.  

Tunggu apa lagi? Segera gunakan jasa kami untuk mendapatkan biaya sertifikasi TKDN yang terjangkau dengan hasil yang berkualitas hanya dari kami. Untuk bisa menggunakan jasa kami, Anda bisa mengunjungi website kami atau menghubungi nomor WhatsApp +62 811 1280 843. 

Anda juga bisa menghubungi nomor telepon kami di +622172741380 atau mengunjungi langsung kantor kami cabang pusat di Jl. Sadar Raya No. 88 RT 1 RW 12, Ciganjur, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan. Sedangkan kantor cabang Bandung kami berlokasi di Wisma Monex Floor 9 Jl. Asia Afrika No. 133-137, Bandung.

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *