0811-1280-843

+62172741380

Cara Mendapat Sertifikat Organik

Cara Mendapat Sertifikat Organik

 

Cara Mendapat Sertifikat Organik

 

 

Mengetahui cara mendapat sertifikat organik merupakan bekal untuk melabeli sebuah produk yang terbuat dari bahan non kimia. Sertifikat fungsinya sebagai legalitas atau pengakuan sah bahwa dari proses budidaya sampai dengan pengemasan memenuhi standar.

 

Karena ternyata selama ini klaim bahan pangan organic bukan hanya karena bahan pangan tersebut terbebas dari pengaruh kimia selama proses pertanian. Lebih dari itu, berbagai aspek pendukung lainnya juga wajib diperhatikan, seperti kualitas kemasan produk.

 

Bukan hal mudah untuk mendapatkan legalitas, sebab itu sampai saat ini produk organic katakann saja tidak lebih banyak dari produk non-organik. Selain itu, lembaga yang berwenang memberikan sertifikasi juga masih terbilang sedikit pada seluruh wilayah Indonesia.

 

Padahal Indonesia sendiri merupakan negara dengan tanah subur dan nyaris cocok untuk jenis tanaman apa saja tanpa bantuan bahan kimia. Namun, karena prosesnya cukup rumit maka tidak banyak lembaga yang dapat memenuhi persyaratan untuk masuk kategori organic.

 

Begini Cara Mendapatkan Sertifikat Organik

 

Sertifikat organik adalah sebuah dokumen yang membuktikan bahwa suatu produk memang terbebas dari paparan bahan kimia. Tujuan pertanian organic untuk meningkatkan kesehatan manusia serta menjaga kondisi alam agar terbebas dari pengaruh paparan bahan kimia.

 

Bagaimana cara untuk mendapat sertifikat organik, dapat Anda simak dalam penjabaran berikut ini:

 

  1. Pengajuan oleh perusahaan atau pemilik usaha pangan agar petugas dapat melakukan inspeksi ke lapangan. Inspeksi ini bertujuan memantau produk maupun proses benar-benar sesuai standar organic.
  2. Penandatanganan kontrak tertulis untuk mengikat kedua pihak terkait peredaran produk berlabel organic nantinya.
  3. Pengiriman sampel produk dari perusahaan kepada lembaga yang melakukan sertifikasi.
  4. Pengujian produk sampel dari perusahaan untuk memastikan tidak adanya kandungan kimia pada bahan pangan tersebut.
  5. Approval atau penolakan terhadap hasil uji lab maupun serangkaian proses penelitian lainnya yang menegaskan bahwa sebuah produk termasuk bahan pangan organic atau bukan.

 

Kesannya sederhana, namun dalam pelaksanaannya cara mendapat sertifikat organik bukan hal mudah. Apalagi ketentuan sebuah produk organik itu tidak cukup dari tidak adanya pencampuran bahan kimia pada produk, namun juga banyak faktor lainnya.

 

Contoh, mulai dari kondisi lahan pertanian sama sekali harus steril, tidak boleh ada kontaminasi kimia. Bahkan sampai produk untuk ke luar negeri juga wajib mengikuti ketentuan pada negara tujuan, semua aturan wajib sesuai kebijakan negaranya.

 

Persyaratan yang Harus Dipenuhi Perusahaan

 

Untuk dapat sampai ke cara mendapat sertifikat organik, terlebih dahulu tentu harus memenuhi berbagai persyaratan. Dalam hal ini, berbagai persyaratan tersebut meliputi:

 

  1. Terpenuhinya kebijakan mutu, mencakup tujuan, sumber daya yang digunakan, serta alasan manajemen jaminan kualitas.
  2. Struktur organisasi dalam perusahaan jelas, deskripsi jabatan sekaligus tugasnya ternyata turut menjadi pertimbangan penting.
  3. Adanya personil yang bertanggung jawab dalam segala aspek terkait kepengurusan dokumen sertifikasi organic.
  4. Masuk ke tahapan pengawasan dokumen setelah semua proses tercapai sebagai kontrol berkala.
  5. Pembelian layanan berikut persediaan pada pasar wajib masuk pemeriksaan untuk menjaga kualitas produk organic.
  6. Bersedia menerima dan menyelesaikan keluhan secara bijaksana apabila suatu saat ada suara dari konsumen.

 

Syarat-syarat tersebut wajib terpenuhi sebuah perusahaan ketika ingin mendapatkan sertifikat organik bagi produknya. Semakin banyak orang peduli akan kesehatan, semakin banyak orang mulai beralih dari produk non-organic ke bahan pangan organic.

 

Siapa saja bisa mengesampingkan bantuan bahan kimia dalam proses penanaman bahan pangan. Namun, untuk kebutuhan komersil harus mematuhi cara mendapat sertifikat organik dari lembaga berwenang.

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com