0811-1280-843

+62172741380

Cara Mendapatkan Sertifikat TKDN

Cara Mendapatkan Sertifikat TKDN

Cara Mendapatkan Sertifikat TKDN

Sudah hafal dengan baik aturan dan cara mendapatkan sertifikat TKDN? Sama seperti perizinan dan sertifikasi lainnya, TKDN juga punya banyak peraturan dan dasar hukum. Proses pengurusan TKDN berlangsung dengan sangat cepat ketika perusahaan penyedia barang atau jasa mampu mengikuti SOP yang berlaku dengan baik.

Cara Mendapatkan Sertifikat TKDN Untuk Produk Farmasi

Pemerintah membuat banyak sekali regulasi terkait TKDN salah satunya SOP TKDN oleh Menteri Perindustrian 2020. Simak selengkapnya mengenai prosedur penerbitan TKDN berikut ini:

1. Mengajukan SKKPS ke Pelayanan Publik

Langkah pertama, penyedia barang atau jasa harus mengajukan SKKPS ke unit pelayanan publik yang berwenang. Informasi lengkap mengenai SKKPS bisa Anda dapatkan dari konsultasi bersama jasa pengurusan TKDN.

2. Kementerian Perindustrian Menerima Pengajuan

Kementerian Perindustrian selaku pejabat yang berwenang menerima pengajuan yang Anda serahkan. Berkas Anda akan mereka kelola dengan seksama guna memastikan keabsahannya.

3. Dirjen Menerbitkan SKKPS

Berkas pengajuan SKKPS yang memenuhi regulasi akan Dirjen terbitkan. Proses penerbitan SKKPS ini bisa berlangsung cukup lama kurang lebih selama 6 hari kerja. Anda hanya perlu bersabar hingga prosesnya berlangsung.

4. Penyerahan SKPPS ke Surveyor Independen

Cara mendapatkan sertifikat TKDN obat farmasi berikutnya adalah penyerahan SKKPS ke lembaga surveyor independen. Sebagaimana namanya, lembaga surveyor bertanggung jawab untuk melaksanakan survei ke lokasi. Penilaian dan laporan hasil survei mereka sesuaikan dengan rumusan yang berlaku.

5. Surveyor Independen Melakukan Survei Lapangan serta Penghitungan TKDN

Lembaga surveyor independen menghitung nilai TKDN dengan melaksanakan survei lapangan. Kegiatan ini membutuhkan waktu lebih lama daripada penerbitan SKKPS sekitar 12 hari kerja.

6. Membuat Laporan dan Upload Data TKDN Daring

Sebelum masuk ke agenda rapat, lembaga surveyor harus menyerahkan laporan nilai TKDN terlebih dahulu ke Kementerian Perindustrian. Lembaga juga wajib input draf laporannya secara online.

7. Pembahasan Laporan saat Rapat Panel

Pelaksanaan rapat panel oleh Kementerian Perindustrian kurang lebih selama 5 hari kerja. Bila hasilnya bagus maka pejabat Pusat P3DN berhak menerbitkan dan mengesahkan TKDN.

8. Penyerahan Sertifikat dari P3DN ke Surveyor

Sertifikat TKDN yang telah melalui beberapa tahapan tersebut harus P3DN serahkan ke surveyor independen sehingga bisa mereka sampaikan ke pemohon.

Macam-Macam Jasa yang Wajib Urus TKDN

1. Jasa Konsultasi

Cara mendapatkan sertifikat TKDN terbaru tidak hanya menjadi tugas perusahaan produk farmasi tapi juga penyedia jasa. Salah satunya adalah perusahaan jasa konsultasi seperti konsultasi desain untuk kegiatan konstruksi dan sebagainya. Jasa konsultasi engineering juga wajib mengajukan pendaftaran TKDN jasa.

2. Jasa Konstruksi

Ada berapa macam kegiatan yang melibatkan jasa konstruksi? Jawabannya sangatlah banyak maulai dari konstruksi sipil hingga konstruksi yang melibatkan peningkatan fasilitas umum dan pemerintahan. Berbagai kegiatan konstruksi memiliki resiko yang sangat tinggi sehingga kinerjanya wajib pemerintah awasi salah satunya dengan menerbitkan TKDN.

3. Jasa Asuransi

Ada berapa WNI yang berhasil menerbitkan asuransi? Jawabannya sangatlah banyak karena jumlah perusahaan jasa asuransi juga cukup banyak. Masing-masing perusahaan jasa asuransi tersebut wajib mendaftarkan layanan mereka ke pejabat TKDN. Bila tidak melakukan pengajuan maka tidak mustahil perusahaan jasa asuransi akan mendapatkan sanksi administrasi.

Ada banyak sekali kajian ilmu yang mengelola informasi ini mulai dari dasar hukum, sanksi hingga formulir rekapitulasi TKDN. Dapatkan berbagai informasi dari jasa pengurusan TKDN yang Anda tunjuk sebagai jasa ahli dan profesional. Satu data yang tidak boleh Anda lewatkan adalah cara mendapatkan sertifikat TKDN karena ini berkaitan langsung dengan regulasinya.

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com