0811-1280-843

+62172741380

Cara Menghitung TKDN Barang

Cara Menghitung TKDN Barang

Cara Menghitung TKDN Barang

Sudah mencatat teori dan penjelasan cara menghitung TKDN barang? Sebagai salah satu produsen barang yang kena TKDN, sudah menjadi kewajiban Anda untuk mengetahui bagaimana formulasi perhitungan TKDN barang. Semakin dini Anda mengetahui skema perhitungannya maka semakin baik karena Anda bisa mengelola perhitungan TKDN secara mandiri.

Pelajari Cara Menghitung TKDN Barang

Mereka yang mengerjakan perhitungan TKDN barang mengerti dengan baik apa saja variabel yang harus dihitung. Pada hakikatnya, beda produk yang Anda produksi berbeda pula formulasi perhitungannya. Demi menghindari kesalahan prosedur perhitungan pelajari terlebih dahulu produk yang Anda produksi dan inputan data TKDN-nya.

Informasi mengenai TKDN barang bisa dengan mudah Anda peroleh ketika bekerja sama dengan jasa pengurusan TKDN. Tidak hanya bertanggung jawab dengan perhitungan TKDN jasa, jasa pengurusan TKDN juga sangat handal menghitung TKDN barang. Pengetahuan mereka bisa Anda serap dengan baik ketika melakukan konsultasi rutin.

Misalnya, perusahaan Anda membuat produk farmasi maka seperti inilah variabel penghitungan nilai TKDN-nya:

  • Faktor Penentu Bobot Perusahaan

Ini penentu ini sudah termasuk kandungan bahan baku jenis obat-obatan hingga proses pengemasannya. Faktor penentu bobot perusahaan untuk produk farmasi sesuai dengan jenis produk yang sedang Anda hitung bobot TKDN-nya. Tidak mustahil faktor penentu antara obat sirup dan obat hisap berbeda.

  • Kriteria

Isian kriteria ini hanya terdiri dari dua pilihan yakni ada dan tidak ada.

  • Nilai Bobot Akhir

Merupakan nilai bobot akhir dari masing-masing faktor penentuan bobot perusahaan. Hasil penilaian bobot akhir ini dalam bentuk persentase.

  • Bobot Maksimum

Sebelum masuk ke sub penjumlahan yang menghasilkan nilai TKDN sesungguhnya, perusahaan Anda wajib menginput data persentase bobot maksimum.

  • Sub Total Nilai TKDN

Dan terakhir adalah sub total nilai TKDN yang juga dalam bentuk persentase. Besaran nilai TKDN merupakan penjumlahan dari semua inputan data sub total TKDN faktor penentuan bobot perusahaan.

Kasarnya, itulah rekapitulasi penghitungan nilai TKDN suatu produk kesehatan. Informasi dan tata cara menghitung TKDN barang terlengkap bisa Anda temukan ketika konsultasi dengan konsultan handal.

Sanksi Terhadap Penyedia Jasa & Produsen Barang yang Melanggar Ketentuan TKDN

  • Pencabutan Sertifikat TKDN

Mengikuti Peraturan Pemerintah setidaknya ada 3 sanksi yang penyedia jasa atau produsen barang dapatkan ketika tidak mengurus sertifikasi TKDN. Sanksi yang paling berat dan bisa mematikan bisnis Anda adalah pencabutan sertifikat TKDN.

Tanpa sertifikat TKDN artinya perusahaan Anda tidak bisa mengikuti tender dan melakukan berbagai kegiatan bisnis lainnya. Semakin lama Anda tidak urus TKDN maka semakin banyak pula kerugian yang Anda dapatkan.

  • Masuk Daftar Hitam

Mempelajari cara menghitung TKDN barang terbaru rasanya jauh lebih baik daripada masuk daftar hitam. Perusahaan yang memperoleh sanksi ini akan mendapatkan image buruk baik dari pemerintah maupun perusahaan lainnya. Coba bayangkan jika Anda merupakan jasa konstruksi kemudian masuk daftar hitam?

Selain kehilangan tender yang keuntungannya sangat besar, Anda juga akan kehilangan kepercayaan dari perusahaan swasta rekanan maupun pemerintah. Bila terus Anda biarkan tanpa pengendalian tidak mustahil perusahaan akan gulung tikar.

  • Denda Administratif

Peraturan mengenai denda administratif cukup beragam. Agar tidak mengalami penyimpangan atau kesalahpahaman silahkan pelajari aturannya dengan baik dan cermat.

Masih ragu mengurus sertifikasi TKDN padahal ada banyak macam sanksi yang menunggu? Menghitung dan mengurus sertifikasi TKDN memang tidak mudah tapi bukan berarti mustahil. Anda bisa menghubungi jasa pengurusan TKDN untuk mempelajari cara menghitung TKDN barang sekaligus urus penerbitan sertifikatnya.

Baca Juga : WIUP dan IUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com