0811-1280-843

+62172741380

ET Batubara

ET Batubara

Fakta Menarik Seputar ET Batubara Yang Penting Diketahui

Apa itu ET batubara? Exportir Terdaftar merujuk pada perusahaan yang berhasil memperoleh izin atau persetujuan untuk melaksanakan kegiatan ekspor ke luar negeri. Sementara itu, Exportir Terdaftar batubara adalah exportir yang mengkhususkan diri mengekspor batubara sesuai regulasi yang ada.

Fakta Menarik Seputar ET Batubara Yang Penting Diketahui

1. Masa Berlaku ET

Tahukah Anda kapan tepatnya masa berlaku ET yang pemerintah berikan? Pengakuan ET yang pemerintah berikan pada suatu perusahaan berlangsung selama 3 tahun.  Jika perusahaan Anda masih melakukan kegiatan ekspor usai 3 tahun lamanya maka lakukan perpanjangan pengakuan sebagai ET.

Lamanya proses penerbitan pengakuan ET maksimal 5 hari kerja. Anda yang bekerja sama dengan konsultan pengurusan izin ET cukup duduk tenang sambil menunggu informasi terbaru dari konsultan.

2. Laporan Pelaksanaan Ekspor Batubara

Berdasarkan pada Permen Perdagangan RI tertulis banyak sekali pasal peraturan salah satunya yang mengatur kewajiban laporan ekspor batubara oleh ET.  Laporan tersebut mereka berikan selambat-lambatnya pada tanggal 15 bulan depan. Informasi mengenai teknik laporan ekspor batubara bisa Anda tanyakan pada jasa pengurusan ET batubara.

3. Verifikasi Batubara Sebelum Ekspor oleh Surveyor

Sebelum batubara perusahaan Anda ekspor ke suatu negara, penting untuk melakukan penelusuran teknik terlebih dahulu. Ada pun petugas yang melaksanakan kegiatan ini adalah surveyor.

Pemerintah memilih dan menetapkan sendiri surveyor berdasarkan aturan hukum. Artinya, tidak semua pihak bisa mendaftarkan diri sebagai surveyor harus orang yang benar-benar memenuhi persyaratan.

5 Penyebab Pencabutan Pengakuan Exportir Terdaftar Batubara

1. Penyalahgunaan Pengakuan Selaku ET yang Terbukti Kebenarannya

Izin ET produk batubara yang sebelumnya perusahaan Anda miliki bisa kapan saja pemerintah cabut ketika perusahaan terbukti melakukan penyalahgunaan pengakuan. Proses pencabutan ini tidak pemerintah lakukan membabi buta tapi dengan melalui berbagai prosedur dan SOP yang ada.

Pemerintah akan mengirimkan surveyor atau tim penilai teknik yang bertanggung jawab untuk menggali informasi terkini mengenai kegiatan Exportir Terdaftar batubara. Laporan penilaian tim penilailah yang menjadi pertimbangan utama pemerintah untuk membiarkan atau mencabut izin ET.

2. Mengubah Isian Dokumen Pengakuan ET dengan Sengaja

Dokumen pengakuan ET yang perusahaan Anda miliki bukan hanya konsumsi pribadi tapi juga hak pemerintah. Maka ketika pemerintah menemukan kecurangan terkait penyusunan dokumen pengakuan ET jangan terkejut jika izin ET mereka cabut.

Hindari kondisi tersebut dengan memahami terlebih dahulu bagaimana cara mengisi dokumen pengakuan yang baik dan benar. Bila masih bingung, mintalah bantuan dari jasa penerbitan ET batubara yang sebelumnya bekerja sama dengan perusahaan Anda.

3. Dokumen Permohonan ET Tidak Valid

Selain mengubah dokumen pengakuan ET untuk keuntungan pribadi, pencabutan ET perusahaan juga terjadi karena dokumen tidak valid dengan data lapangan. Anda yang tidak memahami bagaimana cara menyusun dokumen atau laporan ET bisa mempelajarinya terlebih dahulu demi menghindari human error.

4. Ekspor Batubara dalam Jumlah/Jenis Tak Sesuai

Setiap exportir memiliki hak untuk melaksanakan tugas mereka sebagai ET. Tapi bukan berarti kewenangan ini membuat Anda mengekspor produk yang salah dengan kuantitas kurang atau lebih dari seharusnya.  Solusi mengatasi permasalahan ini cukup dengan mempekerjakan tenaga ahli dan cermat ke lapangan.

5. Tidak Mengirimkan Laporan Hingga 3x

Jika mengubah laporan saja sudah berimbas pada pencabutan hak ET, maka kondisi yang sama berlaku pada perusahaan yang mangkir melapor.  Penting bagi perusahaan untuk membuat agenda laporan dengan baik. Selesaikanlah laporan minimal satu hari sebelum batas maksimal pengumpulan laporan.

Ingin menjadi Exportir Terdaftar batubara yang baik dan menjalankan tugasnya secara profesional? Pelajari satu per satu regulasi yang ada sebagai ET batubara selain melakukan konsultasi dengan konsultan ahli.

Baca Juga : Jasa Pengurusan NIB.OSS.RBA

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com