fbpx
Jasa Pembuatan TKDN
Jasa Pembuatan TKDN

 

Pembuatan TKDN

 

Pernah mendengar informasi mengenai jasa pembuatan TKDN? Beda dari sertifikat SNI, BPOM atau IMB, sertifikasi TKDN masih sangat asing terutama bagi masyarakat awam. Tapi bisakah pengusaha terhindar dari  kewajiban penerbitan TKDN?

Jasa Pembuatan TKDN: Pengertian TKDN

TKDN bukan singkatan familier bagi beberapa orang terutama mereka yang tidak ambil bagian dalam industri , ESDM hingga proses impor. Apa itu TKDN dan seberapa penting pengurusan sertifikat tersebut hingga harus melibatkan perusahaan jasa profesional?

TKDN merupakan sistem penilaian yang mengacu pada persentase besaran komponen jasa atau barang dalam negeri. Kebijakan ini membantu pemerintah Indonesia mendorong kualitas atau mutu produk dalam negeri sehingga konsumen tidak hanya bergantung pada produk impor.

Ketika produk impor masuk ke Indonesia, pengusaha atau perusahaan asing yang bertanggung jawab juga wajib memenuhi TKDN. Mereka tidak bisa sembarangan masuk tanpa memenuhi dokumentasi. Pada gilirannya, pembuatan TKDN juga membantu pemerintah meningkatkan PPh.

Penerapan jasa atau barang

Jasa pembuatan TKDN terbaik membantu perusahaan mengurus sertifikat ini hingga bisa memproduksi barang atau jasa dengan baik dan lancar.

Bila TKDN diterapkan dengan baik dan maksimal, ketergantungan akan barang impor bisa lebih ditekan.  Cara kerjanya mengikuti sosialisasi kebijakan TKDN termasuk perhitungan dan pengawasan TKDN baik pada produsen maupun jasa konstruksi.

Sehingga besaran komponen impor yang perusahaan dalam negeri gunakan bisa dihitung dengan perhitungan yang baik dan benar. Menteri  juga dapat menentukan batas minimal tingkat komponen yang suatu industri butuhkan. Inilah fasilitas yang setidaknya pemerintah berikan pada industri:

1. Harga dan Kemudahan Administrasi

Perusahaan yang ingin menjalankan bisnis dalam bidang konstruksi, produksi atau jasa tertentu akan memperoleh preferensi harga yang baik. Pemerintah juga tidak akan mempersulit administrasinya entah mengacu pada kegiatan jasa atau produksi.

Menariknya, peraturan mengenai preferensi harga ini tertera dengan baik pada Perpres. Kabarnya, preferensi harga hanya pemerintah berikan pada jasa atau barang dengan nilai TKDN sekurang-kurangnya 25%.

Sedangkan perusahaan yang bekerja pada bidang konstruksi mendapatkan preferensi harga paling tinggi 7,5%. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari harga penawaran awal oleh perusahaan atau pengusaha asing.

2. Sertifikasi TKDN

Pemerintah juga membuka selebar-lebarnya kesempatan pada perusahaan untuk mengurus TKDN. Bila perusahaan tidak mampu melakukannya seorang diri, mereka bisa menghubungi perusahaan jasa untuk membantu.

Perusahaan jasa menetapkan biaya jasa pembuatan TKDN sesuai dengan tingkat kesulitan prosedur pengurusannya. Penting bagi perusahaan untuk mengetahui besaran biaya jasa sebelum memakai layanan mereka.

Alangkah baiknya juga bila peserta mengetahui persyaratan dan prosedur pengurusan TKDN. Bila Anda tidak ingin membaca informasinya, dengarkan saja penjelasan yang perusahaan jasa berikan. Perusahaan jasa pengurusan TKDN terpercaya biasanya menawarkan fitur konsultasi.

Melalui fitur konsultasi ini Anda akan menerima banyak informasi baru mengenai TKDN. Baik informasi sepele maupun informasi yang lebih berat lagi. Informasi yang hanya bisa Anda peroleh langsung dari tenaga kerja ahli dan berpengalaman.

Pilih jasa pengurusan berpengalaman yang memiliki staf ramah dan bertanggung jawab. Ini penting agar informasi yang staf jasa pengurusan TKDN berikan bisa Anda serap dengan baik.

Itulah informasi sederhana mengenai TKDN yang bisa kami sampaikan. Selain pengertian dan penerapan kebijakannya, masih banyak hal menarik lain yang bisa Anda gali mengenai TKDN.

Anda hanya perlu menemukan perusahaan jasa terbaik yang berkompeten. Layanan jasa pembuatan TKDN yang sudah beroperasi cukup lama sehingga tidak mengalami kesulitan untuk mengurus sertifikat tersebut untuk perusahaan Anda.

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Devi

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *