fbpx
Jasa Pengurusan Masterplan Rumah Sakit
Jasa Pengurusan Masterplan Rumah Sakit

 

Jasa Pengurusan Masterplan Rumah Sakit

 

Adanya jasa pengurusan masterplan rumah sakit akan sangat membantu memprediksikan daya tahan bangunan dalam waktu lama. Apalagi, untuk rumah sakit yang notabene fasilitas kesehatan publik ini tidak boleh sembarangan berdiri tanpa berbagai pertimbangan.

 

Setiap rencana pembangunan RS meliputi kebutuhan dari masing-masing bangunan itu sendiri. Kebutuhan untuk skala RSUD tentu berbeda dengan skala RSU. Berbagai fasilitas yang akan tersedia juga bisa masuk ke dalam salah satu pertimbangan masterplan RS.

 

Bukti pelayanan terbaik pihak RS bukan hanya melalui pelayanannya, namun juga dari selengkap apa fasilitas tersedia. Jika bangunan fisiknya kokoh maka pasien akan merasa lebih aman serta nyaman berada di dalamnya. Hal ini memicu masa kesembuhan pasien juga.

 

Contoh kecil, dua rumah sakit, satu bebas dari kebocoran maupun lembab, satu lagi bocor dan lembab. Meskipun terlihat seperti hal kecil, namun apabila tidak segera servis maka kerusakan bisa menyebar ke hal lain dan udara lembab juga tidak bagus bagi orang-orangnya.

 

Fungsi Rumah Sakit untuk Pasien

 

Sebuah jasa pengurusan masterplan rumah sakit harus mempertimbangkan banyak hal. Paling utama wajib memperhatikan kenyamanan pasien selama berobat jalan maupun rawat inap. Sebab fungsi RS bagi pasien harus memenuhi kriteria berikut:

 

  1. Berbagai fasilitas RS harus bisa menghubungkan kebutuhan pasien dengan petugas medis maupun petugas administrasinya.
  2. Situasi kondusif serta inovatif mempermudah pasien dalam mendapatkan pelayanan maksimal dari pihak RS. Contoh situasi yang kondusif meliputi suhu ruangan dan akses pelayanan dari satu tempat ke tempat lain.
  3. Pasien bisa mendapatkan akses informasi yang jelas dan akurat tanpa harus kebingungan sekalipun baru pertama kali berobat.
  4. Dapat menjaga privasi antar pasien satu dan lainnya, terutama untuk kamar inap tipe bangsal.
  5. Bukan hanya fokus pada penyembuhan pasien secara medis, tetapi juga peduli terhadap keluarga pasien, salah satunya dengan menyediakan ruang tunggu secara layak.
  6. Salah satu peran jasa pengurusan masterplan RS juga harus mempertimbangkan fasilitas untuk orang-orang disabilitas.

 

Berdasarkan berbagai faktor kenyamanan dari sisi pandang pasien tersebut, perencana pembangunan bisa menyesuaikan dengan proses mendirikan bangunannya. Contoh, untuk kemudahan akses penyandang disabilitas bisa menyediakan lift khusus kursi roda.

 

Pertimbangan Kerja Jasa Pengurusan Masterplan Rumah Sakit

 

Pekerjaan sebuah jasa pengurusan masterplan RS bukan hanya mengedepankan bangunan berdiri dan terlihat indah dari luar. Lebih dari itu, pertimbangan kerja jasa tersebut juga wajib memperhatikan berbagai faktor berikut ini:

 

  1. Sebelum pembangunan berjalan, pemilik pasti punya ancang-ancang hendak menyediakan berapa kapasitas ruang, poli, dan sebagainya. Adapun peran jasa pengurusan adalah menyesuaikan jumlah kapasitas dengan bangunan fisik.
  2. Dukungan teknologi akan sangat membantu operasional RS. Penggunaan teknologi juga menjadi salah satu faktor pendorong sebuah layanan bekerja secara maksimal.
  3. Operasional RS harus menjadi faktor pemicu utama perencanaan pembangunan. Konsep terdesentralisasi dan tersentralisasi akan menghasilkan rancangan pembangunan berbeda.
  4. Ekspansi dari satu tempat ke tempat lain persiapannya harus matang supaya tidak sulit ketika ada kondisi darurat.
  5. Fasilitas produk juga merupakan dua faktor pertimbangan bagi para penyedia layanan dalam bekerja.

 

Apabila sudah jatuh ke tangan profesional maka keempat hal tersebut tentu bukan permasalahan besar. Sejauh mana ruang lingkup rumah sakit dalam menangani keluhan pasien dapat memberikan gambaran terkait seperti apa proses pembangunan terwujud.

 

Layanan masterplan sebenarnya bukan hanya berguna untuk pembangunan RS. Selain jasa pengurusan masterplan rumah sakit, berbagai fasilitas umum lainnya juga perlu menggunakan layanan serupa untuk mempertahankan kualitas bangunan dalam waktu lama.

 

 

 

Baca Juga :  Syarat Membuat SUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *