0811-1280-843

+62172741380

Jasa Pengurusan TKDN

Jasa TKDN

Kebijakan TKDN yang pemerintah legalkan berimbas pada sejumlah sektor industri termasuk pertumbuhan jasa pengurusan TKDN. Melalui layanan profesional, sejumlah perusahaan dapat menerbitkan sertifikat sebagai izin utama impor sehingga dapat melakukan kegiatan produksi secara optimal.

Jasa Pengurusan TKDN; proses sertifikasi TKDN

Proses penerbitan TKDN terbagi dalam beberapa kategori. Pertama, tahapan persiapan yang kemudian dilanjutkan dengan verifikasi dan pelaporan. Informasi lengkapnya, kami sampaikan berikut ini:

1. Prosedur Persiapan

Penerbitan TKDN membutuhkan beberapa berkas persyaratan yang semuanya harus pemohon siapkan sebelum penyerahan berkas pada badan penilai. Salah satu syaratnya adalah sertifikat IUI yang perusahaan miliki sebagai izin resmi berusaha.

Berkas administrasi yang telah lengkap, langsung Anda ajukan pada badan penilai untuk proses verifikasi tahap awal. Ketika semua berkasnya benar dan lengkap, surveyor akan melanjutkan pada prosedur kedua.

2. Prosedur Verifikasi & Pelaporan

Alasan utama mengapa jasa pengurusan TKDN terbaik sangat populer karena proses penerbitan sertifikat ini cukup kompleks melibatkan survei ke lapangan. Badan penilai berhak melakukan survei lapangan untuk menilai kelaikan perusahaan.

Ketika survei lapangan menunjukkan hasil positif, badan penilai akan mengadakan presentasi bersama Direktorat dan Pusat P3DN untuk mengambil keputusan. Lamanya waktu yang instansi butuhkan hingga keputusan cetak sertifikat sekitar 3 hari kerja.

tkdn

https://www.instagram.com/konsultanindustri/

Setelah sertifikat TKDN disahkan oleh lembaga kementerian, sertifikat diserahkan kembali pada badan penilai. Tugas badan penilai adalah mengunggah sertifikat TKDN atau menyerahkannya pada pemohon.

Demikianlah prosedur pengurusan TKDN yang bisa dilaksanakan baik oleh perusahaan maupun jasa pengurusan terpercaya. Perusahaan Anda belum mengurus TKDN? Silahkan urus sertifikatnya sekarang juga.

Apa itu verifikasi TKDN?

Indonesia mungkin negara kaya dengan banyaknya SDM dan SDA tapi bukan berarti negara kita terisolir dari negara lainnya. Salah satu bentuk kerja sama yang masih terjalin dengan baik di antara negara adalah ekspor dan impor.

Negara kita membutuhkan bantuan dari perusahaan asing untuk melaksanakan kegiatan produksi maupun jasa. Namun untuk menekan angka kerugian dari kegiatan impor pada negara, pemerintah memutuskan membuat kebijakan baru yakni TKDN.

Pengukuran TKDN barang mengacu pada beberapa faktor produksi meliputi biaya tidak langsung, material dan tenaga kerja yang sifatnya langsung. Sementara pengukuran TKDN jasa mengacu pada fasilitas perusahaan, jasa umum dan tenaga kerja.

Guna memastikan prosedur TKDN berjalan dengan lancar sesuai regulasi yang telah ditetapkan. Pemerintah melaksanakan prosedur verifikasi meliputi beberapa elemen termasuk perhitungan tenaga kerja, biaya, pemanfaatan mesin dan sebagainya.

Lantas, perusahaan bidang jasa atau barang apa saja yang wajib membuat TKDN dan melunasi biaya jasa pengurusan TKDN?

1. Peralatan Telekomunikasi

Jumlah penduduk Indonesia sangat besar bahkan masuk kelima teratas dari seluruh dunia. Banyaknya jumlah penduduk mempengaruhi kegiatan konsumsi termasuk belanja peralatan telekomunikasi canggih seperti smartphone.

Menariknya, sebagian besar smartphone yang masuk ke negara kita berasal dari Korea, China dan negara lainnya. Perusahaan yang ingin mendistribusikan atau memproduksi smartphone buatan luar negeri, wajib memegang TKDN.

2. Mesin dan Peralatan Pabrik

Kebutuhan TKDN bagi perusahaan penyalur mesin dan peralatan pabrik impor juga sangat besar. Bayangkan berapa banyak perusahaan manufaktur yang mogok bekerja jika mesin dan peralatan pabrik tidak terpenuhi?

3. Bahan dan Peralatan Kesehatan

Bidang kesehatan juga bisa ikut kena imbasnya jika perusahaan tidak mematuhi kebijakan TKDN pemerintah. Sementara, tidak semua bahan dan peralatan kesehatan bisa Indonesia sediakan dan siapkan secara mandiri.

Itulah penjelasan menarik mengenai TKDN. Informasi lebih lengkap seputar layanan, manfaat dan informasi lain, silahkan Anda tanyakan langsung pada jasa pengurusan TKDN.

Projek yang sudah kami kerjakan

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com