0811-1280-843

+62172741380

Jasa Perhitungan TKDN

 

Wacana menggunakan jasa perhitungan TKDN bukan hal asing lagi di tanah air. Penerapan TKDN sangat penting terutama dalam pengadaan jasa dan barang sangat kontras dengan pertumbuhan industri yang semakin tinggi. Apa sebenarnya alasan yang menyebabkan Anda memilih menyewa jasa hitung TKDN?

Manfaat menyewa jasa perhitungan TKDN

  1. Mendapatkan Sosialisasi Lebih Lengkap Mengenai TKDN

TKDN merupakan persentase perhitungan komponen produksi dari jasa, barang maupun campuran keduanya yang prosedur pembuatannya dilaksanakan dalam negeri. Melihat dari dasar hukumnya, sulit bagi produsen atau penyedia jasa untuk menghindar dari TKDN.

Sayangnya, sosialisasi tentang TKDN masih sangat kurang hanya mereka yang bersentuhan langsung dengan bidang ini yang memahami TKDN termasuk perhitungannya. Keberadaan penyedia jasa hitung TKDN akan membantu Anda menyelesaikan perhitungan TKDN sekaligus mendapatkan informasi baru.

  1. Secara Tidak Langsung Membantu Anda Mematuhi Perpres dan UU TKDN

Sebagai pengusaha taat hukum sudah sepantasnya jika Anda mengetahui arti penting jasa perhitungan TKDN terbaik. Mereka tidak hanya menjadi tangan kanan Anda tapi juga membantu Anda mematuhi aturan Perpres dan UU TKDN.

Aturan penerapan TKDN memang tercantum dengan jelas pada UU maupun Keputusan Presiden. Apabila Anda tidak melaksanakan perhitungan TKDN dengan cermat tidak mustahil akan memicu masalah baru di masa depan.

  1. Akurasi Perhitungan TKDN

Tahukah Anda bagaimana cara menghitung TKDN barang atau jasa? Mereka yang tidak pernah bersentuhan langsung dengan bidang ini bisa jadi tidak tahu sama sekali bagaimana perhitungan yang tepat.

Sewa jasa hitung TKDN akan membantu Anda mengatasi permasalahan tersebut. Pengalaman dan latar belakang pendidikan yang mumpuni memungkinkan staf jasa TKDN menyelesaikan perhitungan dengan baik dan akurat.

Dasar perhitunganNya

  1. Berdasarkan Biaya Produksi

Ada banyak sekali dasar perhitungan TKDN yang perlu Anda pelajari ketika bermaksud menghitung TKDN dengan benar dan jelas. Dasar perhitungan pertama yakni biaya produksi. Biaya produksi ini mengacu pada modal yang Anda keluarkan selama memproduksi suatu barang.

Ada tiga komponen yang termasuk pada biaya produksi meliputi:

  • Biaya Material Langsung

Merupakan biaya yang perusahaan butuhkan untuk membeli bahan material sebagai bahan baku pembuatan barang. Semakin besar skala perusahaan memproduksi barang makin tinggi juga biaya material yang dikeluarkan.

  • Biaya Tenaga Kerja Langsung

Merupakan biaya yang merujuk pada pembayaran jasa tenaga kerja yang bekerja langsung memproduksi barang. Sama seperti biaya material langsung, biaya tenaga kerja langsung juga dipengaruhi oleh banyak sedikitnya jumlah karyawan.

  • Biaya Tidak Langsung Pabrik

Dan urutan terakhir ada biaya tidak langsung pabrik yakni beban biaya di luar dari biaya bahan material serta biaya tenaga kerja.

  1. Berdasarkan Kriteria

Selain memperhitungkan TKDN berdasarkan pada biaya produksinya Anda juga wajib memperkirakan kriteria.  Apakah material yang Anda gunakan berasal dari Indonesia atau luar negeri?

Selain menjawab pertanyaan tersebut, Anda juga wajib membagikan informasi seputar penggunaan fasilitas kerja dan tenaga kerja berdasarkan pada negara asalnya. Masih bingung dengan perhitungan TKDN? Maka hubungi biro jasa perhitungan TKDN dan manfaatkan jasa mereka guna menyelesaikan masalahnya.

Dasar perhitungan TKDN sebenarnya tidak hanya merujuk pada kriteria dan biaya produksi saja. Masih ada dasar lainnya yakni penggunaan fasilitas kerja atau peralatan kerja. Ingin memperoleh informasi lengkap seputar dasar perhitungan TKDN maka gunakan layanan jasa TKDN terbaik.

Jasa TKDN akan menjelaskan informasi yang Anda butuhkan menyangkut kompetensi ini. Jasa perhitungan TKDN juga akan menyelesaikan perhitungan TKDN-nya dengan baik dan akurat memenuhi aturan yang berlaku.

 

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com