0811-1280-843

+62172741380

Kegunaan Studi Kelayakan Bisnis

Kegunaan Studi Kelayakan Bisnis

 

Studi Kelayakan

 

Masih banyak orang meremehkan kegunaan studi kelayakan bisnis karena tidak memahami dampak konkritnya. Oleh karena itu Kami akan mencoba menerangkan bagaimana sebenarnya fungsi konkrit analisis ini.

 

Pada dasarnya studi kelayakan bisnis memiliki kegunaan untuk memperjelas prospek sebuah usaha. Prospek tersebut sangat luas cakupannya karena berkaitan dengan berbagai faktor usaha terkait.

 

Misalnya penentuan pangsa pasar dan bagaimana potensi sebuah produk ketika pihak bisnis mengeluarkannya. Jadi hal tersebut dapat menjadi acuan dalam pertimbangan setiap manuver usaha baik mikro hingga makro.

 

Banyak orang masih beranggapan bahwa analisis seperti ini hanya untuk kalangan usaha besar saja. Justru sekarang bisnis mikro membutuhkan analisis usaha karena sengitnya persaingan.

 

Tanpa adanya analisis secara menyeluruh terhadap calon usaha maka nasibnya kemungkinan tidak panjang. Jadi Anda jangan sampai memulai sebuah bisnis tanpa memiliki acuan berupa hasil analisis data.

 

Agar Anda tidak menganggapnya remeh maka Kami akan menjelaskan fungsi implementasi pada dua belah pihak. Jadi tidak hanya analis atau pelaku usaha saja namun juga bagi pihak eksternal.

 

Kegunaan Studi Kelayakan Bisnis untuk Pelaku Usaha

 

Bagi pelaku usaha terdapat tiga poin penting yang menjadi manfaat krusial ketika melakukan analisis data. Berikut ini akan kami jelaskan secara ringkas agar Anda dapat memahami fungsi konkritnya.

 

  • Sistematika Strategi

 

Implementasi analisis data dalam sebuah kegiatan usaha dapat menjadi acuan sistematika strategi. Mengapa hal tersebut bisa terjadi karena banyaknya data dalam proses penggalian informasi.

 

Dengan melakukan pengumpulan data maka implementasi strategi juga bisa lebih tepat. Hal tersebut bisa terjadi karena analis sudah mengetahui apa saja faktor pengaruhnya.

 

  • Disiplin Ilmu

 

Bagi para pelaku usaha awam tentu saja studi kelayakan dapat menjadi salah satu disiplin ilmu. Hal tersebut akan terjadi karena ada banyak pengaplikasian pengetahuan pada saat penelitian.

 

Tidak hanya berkaitan tentang pengetahuan bisnis saja namun juga sosial dan probabilitas. Semua itu akan sangat membantu dalam menjaga konsistensi dan perkembangan.

 

  • Meningkatkan Pengalaman

 

Meningkatkan pengalaman usaha bukan berarti seseorang harus memiliki banyak bisnis. Dengan melakukan analisis lapangan mendapatkan pengalaman akan terjadi secara otomatis.

 

Sehingga pihak tersebut menjadi lebih awas terhadap perubahan dan perkembangan situasi pasar. Jadi ketika nantinya menjalankan bisnis dapat langsung beradaptasi lebih baik.

 

Dengan mengetahui tiga hal tersebut maka meremehkan analisis lapangan adalah sebuah kesalahan. Jadi Anda sekarang perlu lebih bijaksana dalam mengimplementasikan sebuah analisis data.

 

Kegunaan Studi Kelayakan Bisnis untuk Pihak Eksternal

 

Tidak hanya bagi pelaku bisnis saja ternyata analisis kelayakan dapat berguna untuk berbagai pihak. Jadi nantinya interaksi antara pengusaha dan konsumen dapat terjalin karena adanya saling ketergantungan.

 

Misalnya bagi investor studi kelayakan akan menjadi fundamental dalam menentukan apakah sebuah badan menguntungkan atau tidak. Karena pada dasarnya investor ingin memperoleh keuntungan tertinggi.

 

Jadi mereka akan mengandalkan data dari studi kelayakan untuk memperkirakan berapa potensi keuntungan sebuah perusahaan. Ini tidak hanya terjadi pada investasi jangka pendek saja namun juga jangka panjang.

 

Masyarakat juga salah satu pihak paling membutuhkan hasil studi kelayakan sebuah perusahaan. Hal tersebut untuk melihat dampak ketika nantinya bisnis berdiri apakah memberikan profit atau tidak.

 

Berbeda dengan investor, biasanya masyarakat akan lebih melihat pada dampak sosial terhadap sebuah perusahaan. Misalnya jika sudah berdiri apakah dapat mempengaruhi pola hidup masyarakat sekitar.

 

Ketika memberikan pengaruh nantinya apakah akan menimbulkan ketergantungan atau justru mengganggu. Jadi hal tersebut selalu menjadi acuan apakah nantinya perusahaan layak berdiri atau tidak.

 

Tanpa adanya analisis tertentu hal krusial seperti itu tidak akan dapat terlihat bagi pelaku dan pihak eksternal. Oleh karena itu studi kelayakan bukan hanya sekedar formalitas namun sebuah kewajiban.

 

Sekarang Anda pasti sudah memahami berbagai aspek tadi dan pentingnya terhadap usaha. Kegunaan studi kelayakan bisnis tidak bisa menjadi hal sepele apabila Anda ingin bisnis efektif dan berkembang.

 

 

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com