0811-1280-843

+62172741380

Laporan Studi Kelayakan Bisnis

Laporan Studi Kelayakan Bisnis

 

Pengertian

 

Setiap perusahaan perlu membuat laporan studi kelayakan bisnis untuk mendapatkan data yang penting agar masa depan perusahaan ke depannya bisa terpantau. Pada dasarnya laporan studi berisi berbagai macam hal yang menyangkut visi dan misi perusahaan nantinya.

 

Selain itu laporan studi juga bermanfaat untuk menarik minat investor, pemegang saham hingga pemerintah agar memberi modal pada perusahaan. Ketika institusi pemberi modal masuk dalam rencana perusahaan, pengembangan bisnis dan usaha akan menjadi lebih terstruktur.

 

Dalam prosesnya, ada 3 pemberi modal perusahaan yang bisa Anda cari dengan menggunakan laporan umum studi kelayakan bisnis ini. Pihak pertama yang mendapat bagian adalah investor, sponsor dan stakeholder karena mereka bisa melakukan investasi ke dalam perusahaan.

 

Sedangkan pihak kedua terdiri dari lembaga yang diundang untuk bisa membiayai perusahaan seperti pemegang saham, kreditur, bank dan non bank. Lalu pihak ketiga adalah lembaga khusus pemerintah yang dapat memberi bantuan seperti Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

 

Pembuatan Laporan Studi Kelayakan Bisnis

 

Untuk dapat membuat laporan, Anda harus memperhatikan beberapa aspek penting mulai dari pola penyajian laporan, struktur hingga pembahasan menyeluruh mengenai perusahaan. Semua itu sangat penting untuk membangun hubungan antar perusahaan dan pihak eksternal. Dalam isi laporan harus terdapat aspek-aspek berikut :

 

  1. Latar belakang proyek
  2. Aspek kualitas pemasaran
  3. Aspek internal berupa teknologi dan teknis
  4. Peninjauan perkembangan bisnis usaha
  5. Aspek manajemen dari segi operasional,
  6. Aspek keuangan
  7. Kesimpulan dan Saran

 

Semua aspek perlu mendapatkan peninjauan lebih dalam, agar terstruktur dengan rapi. Lalu ada juga penyajian yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatan laporan tersebut.

 

Dari awal hingga akhir, laporan harus menyertakan segala kondisi perusahaan dari proyek ke depannya. Supaya laporan dapat terstruktur dengan rapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seperti :

 

  1. Penggunaan bahasa harus jelas, rapi dan profesional
  2. Menggunakan kalimat singkat. Artinya laporan tidak boleh berisi kata samaran, bertele-tele dan harus jelas.
  3. Hindari kata-kata tidak penting yang menurunkan mutu perusahaan
  4. Buat laporan secara singkat dan objektif
  5. Hindari penggunaan kata spekulatif pada bagian kesimpulan, saran dan pendapat
  6. Sebutkan rencana dan kebutuhan perusahaan dengan jelas berdasarkan fakta

 

Keenam poin itu sangat penting dalam laporan karena bisa meningkatkan mutu perusahaan. Oleh karena itu pastikan laporan studi bisnis usaha nantinya mampu menciptakan pembahasan secara menyeluruh, jelas, terstruktur dengan baik dan objektif agar mendapatkan hasil maksimal.

 

Laporan Studi Kelayakan Bisnis untuk Operasional

 

Pada dasarnya ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari studi kelayakan bisnis selain menarik minat para investor. Salah satunya adalah mengondisikan keperluan bisnis usaha untuk masa depan. Hal ini bisa Anda dapatkan dari peninjauan menyeluruh teknologi dan keuangan.

 

Dengan memantau seluruh sumber daya perusahaan, strategi pemasaran menjadi lebih baik karena dapat terencana sepenuhnya. Tanpa adanya peninjauan lebih lanjut, perusahaan bisa mendapatkan tekanan dan prospek jangka panjang tidak bisa mencapai hasil maksimal.

 

Selain kondisi bisnis usaha, perusahaan juga dapat bekerja secara maksimal selama peralatan dan perlengkapannya memadai untuk operasional. Oleh karena itu, sangat penting melakukan studi kelayakan bisnis agar perusahaan dapat berkembang lebih jauh lagi.

 

Semua perusahaan harus membuat studi agar perkembangannya dapat terpantau dengan baik. Jika tidak, perusahaan akan sulit untuk maju karena tidak tahu bagian yang harus dibenahi. Studi yang lengkap dapat mengetahui kekurangan dan kelemahan perusahaan itu sendiri.

 

Lengkapnya studi dapat membantu perusahaan untuk terhindar dari kegagalan proyek. Biasanya laporan studi berguna pada saat rapat besar antara pihak berkepentingan. Pada saat itu, laporan studi kelayakan bisnis untuk membuat keputusan mengenai langkah ke depannya.

 

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com