fbpx
Lembaga Sertifikasi Organik
Lembaga Sertifikasi Organik

 

Pengertian

 

Daftar lembaga sertifikasi organik Indonesia secara mudah bisa Anda akses informasinya secara daring. Dari sana dapat terlihat banyak sekali lembaga dengan spesialisasinya terhadap berbagai jenis produk. Ada banyak lembaga dengan detail tugas berbeda-beda.

 

Semua badan yang terdaftar masuk dalam naungan Kementerian Pertanian atau lebih tepatnya Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian. Secara detail visi serta misi belasan badan pemberi sertifikat berbeda, namun tujuannya satu, melabeli produk.

 

Bukan sekedar label, namun juga memberikan tanda kepada konsumen untuk mendapatkan produk sesuai kebutuhannya. Adanya label membuat lebih banyak orang peduli dan perlahan terpengaruhi untuk menjalani pola hidup sehat dengan cara memperbaiki pola makan.

 

Bukan hal mudah mendapatkan sertifikat organic, butuh melalui serangkaian proses dengan seleksi dan penilaian ketat. Untuk itu, sebuah badan yang terpilih juga tidak bisa sembarangan. Harus ada kredibilitas serta profesionalitas dari semua pihak sekaligus.

 

Daftar Lembaga Sertifikasi Organik di Indonesia

 

Kami merangkum beberapa lembaga-lembaga sertifikasi organik sekaligus detail ruang lingkup tugasnya dalam bidang apa saja. Berikut ini beberapa yang bisa Anda ketahui:

 

  1. Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan di Provinsi Sumatera Barat (LSO Sumatera Barat). Ruang lingkupnya tanaman segar dan produknya, seperti input produksi pupuk serta pestisida, dan berbagai produk pangan olahan.
  2. PT Sucofindo yang merupakan persero dengan ruang lingkup tanaman segar, produk tanaman, ternak, serta produk peternakannya.
  3. PT PCU Indonesia dengan ruang lingkup tanaman segar sekaligus produk tanamannya, ternak, serta berbagai produk yang tumbuh liar atau bukan proses budidaya.
  4. BIOcert Indonesia dengan ruang lingkup produk segar.
  5. PT Icert Agritama International dengan ruang lingkup tanaman segar serta produk tanamannya, olahan produk rumput liar, produk pangan olahan, input produksi pupuk serta pestisida dan bibit, terakhir adalah ternak berikut produk ternaknya.
  6. Multiagung Lestari, ruang lingkupnya tanaman segar serta produk tanamannya, ternak berikut produk peternakannya, produk olahan tanaman sekaligus ternak, terakhir adalah pupuk organik.
  7. PT SDS Indonesia dengan ruang lingkup tanaman segar dan produk tanaman serta produk pangan olahan.
  8. Terakhir, ada LeSOS sebagai lembaga untuk sertifikasi organik dengan ruang lingkup tanaman segar berikut produknya, ternak berikut produk ternaknya, produk pangan olahan, input produksi seperti pupuk, pestisida, dan bibit, serta terakhir produk khusus, seperti jamur.

 

Selain kedelapan lembaga yang sudah muncul tersebut, masih ada beberapa lembaga lainnya dalam naungan Kementerian Pertanian. Apa bentuk produk Anda? Sesuaikan jenisnya dengan pemberi sertifikasi agar prosedurnya sesuai dengan kebutuhan.

 

Sertifikasi Organik Sampai ke Timur Indonesia

 

Indonesia termasuk salah satu negara yang menjanjikan sebagai penghasil produk organik. Dengan sumber daya alam melimpah, berikut sumber daya manusia berkualitas seharusnya lebih banyak panen produk organic dan pemasaran semakin luas.

 

Indonesia Timur, tepatnya daerah Makassar Sulawesi Selatan pada Agustus 2021 untuk pertama kalinya memiliki lembaga sertifikasi organik UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Sulawesi Selatan. Ini artinya dukungan pangan organic sudah sampai ke bagian Timur.

 

Bukan hanya berdiri sebagai badan pemberi sertifikasi, namun juga memiliki akreditasi sesuai SNI. Sejauh ini, sebagai satu-satunya lembaga di bagian Indonesia Timur, UPT Balai Pengawasan Mutu dan Keamanan Pangan Sulawesi Selatan menjadi pionir nomor satu.

 

Semakin banyak orang sadar untuk hidup sehat, semakin besar dukungan sertifikasi organik pada sebuah produk. Banyak cara mewujudkan hidup sehat, salah satunya dengan memperbanyak lembaga sertifikasi organik ke berbagai wilayah, dari Timur ke Barat terujung.

 

 

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *