fbpx
Lembaga Sertifikasi TKDN yang Memenuhi Syarat
Lembaga Sertifikasi TKDN yang Memenuhi Syarat

Lembaga sertifikasi TKDN yang sudah terpilih memiliki tugas dan wewenang untuk menjadi lembaga verifikasi TKDN. Tugasnya melakukan verifikasi pencapaian nilai TKDN melalui penghitungan secara mandiri dari penyedia barang atau jasa. Hasil verifikasi sebagai syarat dalam menerbitkan sertifikat TKDN oleh Kemenperin.

Lembaga Sertifikasi TKDN dalam Verifikasi

Dalam memastikan bahwasanya industri perusahaan telah patuh terhadap ketetapan regulasi. Pemerintah bisa verifikasi terlebih dahulu dengan melakukan perhitungan nilai TKDN barang atau jasa dan BMP.

Penerapan proses tersebut secara langsung dari lembaga verifikasi TKDN. Proses verifikasi berupa tahapan produksi, penggunaan mesin, tenaga kerja langsung ataupun tidak langsung. Selain itu, juga biaya tidak langsung pabrik meliputi penggunaan gas, listrik, telepon, dan lainnya.

Proses verifikasi tidak membutuhkan waktu lama. Pada sejumlah jenis industri tertentu hanya akan memakan waktu verifikasi kisaran 5 hari kerja saja.

Pebisnis perlu melakukan langkah pertama dengan membuat pengajuan permohonan sertifikasi. Lalu, melanjutkannya dengan tahapan kedua yakni input data. Input data secara mandiri melalui SIINas.

Langkah berikutnya, menunggu hasil atas penilaian dan perhitungan dari lembaga terkait. Supaya mendapatkan kemudahan dalam prosesnya, Kemenperin telah melonggarkan kesempatan bagi para pebisnis untuk melakukan perhitungan mandiri. Setelah itu, bisa langsung membuat laporan hasil penilaiannya lewat SIINas.

Pemanfaatan fasilitas itulah yang menjadi bentuk realisasi terhadap komitmen belanja BUMN, BUMD serta PDN pemerintah. Pemberlakuan yang serupa untuk industri dengan skala besar, akan tetapi menggunakan langkah-langkah yang berbeda.

Beberapa industri besar seperti halnya pabrikasi, manufakturing dan lainnya akan butuh ketersediaan bahan baku dengan jumlahnya yang sangat banyak. Hal ini akan bermanfaat dalam mendukung produksi pada industri besar tersebut.

Selain itu, penggunaan alat dengan penerapan sistem pelaksanaannya hingga mencapai hasil akhir melalui proses sedikit lebih rumit daripada industri kecil. Sebuah perusahaan bisa melakukan pengajuan pendaftaran pada lembaga yang sudah melalui penunjukan dari pemerintah terkait.

Caranya cukup dengan memiliki beberapa kelengkapan persyaratan dokumen. Dokumen tersebut seperti tanda daftar perusahaan, akta pendirian perusahaan, dan laporan hasil produksi dalam kurun waktu 1 tahun terakhir.

Lembaga sertifikasi TKDN untuk verifikasi tidak hanya membantu industri dengan skala besar. Para pebisnis yang memiliki industri kecil juga dapat melakukan verifikasi TKDN sesuai dengan ketetapan aturan.

Dalam hal ini bisa membantu dalam meningkatkan kredibilitas dari segi pandangan masyarakat dan pemerintah. Bagi pebisnis pemula yang baru saja terjun secara langsung dapat melakukan pengajuan permohonan pada lembaga verifikasi TKDN.

Skema Akreditasi Lembaga Verifikasi TKDN dan BMP

KAN memiliki layanan akreditasi sebagai skema akreditasi LV TKDN dan BMP. Penggunaan skema ini untuk organisasi yang menerapkan sistem penilaian kesesuaian terhadap kegiatan verifikasi.

Penilaian kesesuaian merupakan persyaratan umum dan prinsip bagi lembaga validasi dan verifikasi. Sistem untuk menjalankan operasional memiliki ketentuan persyaratan dari KAN.

Sehingga penerapan sistem tersebut memiliki acuan pada persyaratan standar, berupa:

Selain itu, juga membutuhkan dokumen pendukung lain dalam mengajukan permohonan akreditasi lembaga validasi ataupun verifikasi berikut ini:

Penambahan Lembaga Verifikasi

Pada regulasi Permenperin terbaru terkait tata cara penunjukan lembaga verifikasi independen. Lembaga tersebut memiliki jumlah yang lebih banyak lagi. Tujuannya supaya para pengusaha industri bisa dengan mudah dan cepat dalam proses pembuatan sertifikat TKDN dan BMP.

Saat ini telah tersedia 5 lembaga verifikasi independen dengan peranannya untuk memudahkan proses sertifikasi TKDN. Dari beberapa lembaga terpilih memenuhi syarat untuk dapat melakukan penghitungan serta verifikasi terhadap besaran nilai bobot TKDN dan BMP.

Daftar lembaga sertifikasi TKDN itulah yang nantinya akan menjalankan tugas serta wewenangnya dalam TKDN dan BMP. Sehingga kemudahan ini dapat memberikan dukungan untuk menggunakan produk dalam negeri yang lebih optimal dalam waktu yang lebih cepat.

Upaya perolehan sertifikat TKDN, mengharuskan para pengusaha industri untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu terhadap perusahaan yang dikelolanya. Pendaftaran bisa melalui website SIINas.

Apabila telah memperoleh akun, nantinya akan lebih mudah untuk menuju proses mendaftarkan sertifikasi TKDN. Perusahaan industri bisa langsung upload kelengkapan syarat dokumen sesuai kebutuhan.

Selain itu, juga menentukan pilihan lembaga verifikasi independen sesuai keinginan. Dalam hal ini, akan lebih mudah dalam menuju proses penghitungan besaran nilai bobot TKDN. Jika penghitungan telah selesai, lembaga yang bersangkutan dapat menerima dan menerbitkan sertifikat TKDN.

Itulah lembaga sertifikasi TKDN yang akan memberikan kemudahan dalam proses penerbitan sertifikat TKDN. Lembaga verifikasi independen telah terpilih secara langsung dari pemerintah terkait. Penunjukan lembaga tersebut dengan menyesuaikan persyaratan yang telah ditetapkan.

MORE DETAIL INFO FOR TKDN CERTIFICATE PLEASE  CALL US :

CALL / WA : +62811-1280-843 Devi

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *