0811-1280-843

+62172741380

Master Plan Rumah Sakit

Master Plan Rumah Sakit

 

Master Plan Rumah Sakit

 

Adanya master plan rumah sakit berguna untuk pedoman pembangunan fasilitas kesehatan rumah sakit seluruh Indonesia. Fasilitas kesehatan, khususnya RS menjadi kebutuhan pokok masyarakat dan harus menjadi prioritas pembangunan berikut kelengkapan fasilitasnya.

 

Rencana pembangunan bukan hanya menyoal bentuk fisik bangunan, namun juga seperti berkaitan dengan tingkat kekuatan bangunan hingga kurang lebih 20 tahun ke depan. Perencanaan tersebut dapat menjadi acuan bagi seluruh aktivitas, termasuk belanja material.

 

Berdasarkan UU No. 44 Tahun 2009, terdapat pasal 7 ayat 1 yang menyebutkan bahwa sebuah rumah sakit wajib memenuhi persyaratan lokasi, peralatan, kefarmasian, sumber daya manusia, bangunan, dan prasarana. Semuanya harus masuk pertimbangan secara matang.

 

Studi kelayakan dalam pelaksanaannya menyesuaikan dengan tempat tidur pasien, jumlah kamar rawat, jumlah poli, dan banyak lagi lainnya. Tidak lupa juga perihal izin mendirikan bangunan termasuk salah satu bagian dari sebuah perencanaan pembangunan.

 

Maksud dan Tujuan Pembuatan Master Plan Rumah Sakit

 

Tujuan dari perancangan sebuah master plan adalah sebagai pedoman pembangunan RS secara baik dan benar. Kemudian juga menyamakan persepsi semua pihak terlibat dalam pembangunan tersebut untuk memiliki satu suara terkait hasil akhirnya.

 

Penjelasan tujuan secara detail dapat lebih mudah melalui poin-poin berikut ini. Adapun maksud dari perencanaan meliputi:

 

  1. Supaya bangunan RS dapat memberikan faedah kepada orang banyak dalam jangka waktu panjang.
  2. Menyusun perencanaan secara terperinci, termasuk masalah keuangan, sumber daya manusia, pengadaan barang, sarana prasarana, dan banyak lagi lainnya.

 

Biasanya ketika sedang merancang perencanaan induk atau master plan, wajib memperhatikan 4 ruang lingkup, yaitu:

 

  1. Pembahasan bisa menyebar ke dua arah, eksternal dan juga internal.
  2. Pembahasan mengenai master programnya.
  3. Merencanakan fungsi, blok plan, berikut konsep utilitasnya.
  4. Rencana pembangunan fisik secara komprehensif serta berkesinambungan.

 

Sekarang ini sudah banyak jasa master plan online, Anda bisa mencari referensinya dari internet. Mendapatkan rekomendasi dari orang terpercaya biasanya memberikan lebih banyak peluang kepuasan daripada yang asal comot dari internet.

 

Tahapan Pembangunan Rumah Sakit yang Perlu Diketahui

 

Apabila diilustrasikan dalam bentuk skema, maka kurang lebih proses tahapan pembangunan rumah sakit akan mengikuti tahapan berikut:

 

  1. Melakukan studi kelayakan untuk melihat potensi mendirikan bangunan dan seperti apa gambaran masa depannya.
  2. Menyusun master plan rumah sakit sekaligus business plannya untuk pedoman proses eksekusi pembuatan bangunan.
  3. Desain mendetail sebagai penjelas dari pedoman yang telah tersusun pada poin nomor 2.
  4. Eksekusi berupa pembangunan atau proses konstruksi oleh tenaga ahli dengan pengawasan dari mandor dan perencana pembangunan RS.

 

Program perencanaan pembangunan fisik rumah sakit pada dasarnya menyasar beberapa hal, seperti:

 

  1. Optimalisasi fungsi bangunan untuk beberapa tahun mendatang.
  2. Optimalisasi ruang yang dapat mengakomodasi fungsi sesuai rencana sampai beberapa tahun ke depan.
  3. Mengoptimalkan sirkulasi udara agar suasana dalam ruangan tidak sumpek, terlebih ini penting sebagai salah satu faktor kesembuhan pasien.
  4. Meningkatkan estetika supaya bangunan tidak hanya menjalankan fungsi utama, namun juga memberikan kesan menarik apabila melihat dari dalam maupun luar.

 

Ada dua dokumen yang harus ada ketika menyusun master plan, seperti laporan pendahuluan dan laporan akhir. Keduanya memiliki pengembangan tersendiri, sesuai dengan kebutuhan dan situasi serta kondisi selama perencanaan pembangunan terlaksana.

 

Perencanaan membuat bangunan menjadi salah satu hal penting wajib ada sebelum proses konstruksi terlaksana. Adanya master plan rumah sakit menjadi awal mula yang memberikan kenyamanan bagi tenaga medis, pasien, keluarga pasien, maupun faktor utama kesembuhan pasien.

 

Baca Juga :  Syarat Membuat SUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com