0811-1280-843

+62172741380

Penyusunan Studi Kelayakan Bisnis

Penyusunan Studi Kelayakan Bisnis

 

Studi Kelayakan

 

Untuk menghadapi persaingan bisnis yang kompetitif penyusunan studi kelayakan bisnis menjadi salah satu hal krusial. Dengan adanya studi tersebut maka peramalan terhadap skema bisnis dapat terlaksana.

 

Memang hal seperti ini masih kurang menjadi sorotan bagi para pemilik bisnis awam. Padahal adanya studi kelayakan dapat menjadi salah satu ujung tombak dalam menentukan arah sebuah usaha.

 

Banyak orang menganggap bahwa adanya proses seperti ini hanya berguna bagi usaha skala besar saja. Padahal adanya analisis terhadap situasi perdagangan perlu menjadi implementasi bagi seluruh bidang.

 

Oleh karena itu Kami akan menerangkan mengapa analisis kelayakan perlu menjadi acuan dalam implementasi usaha. Sehingga Anda nanti bisa meningkatkan daya saing dan survivabilitas dalam perdagangan.

 

Tanpa adanya daya saing kuat dengan analisis berkesinambungan maka cukup sulit untuk bertahan dalam dunia bisnis. Oleh karena itu pemahaman terhadap analisis kelayakan sifatnya wajib.

 

Kami akan menitikberatkan pada tujuan dan metodologi yang menjadi acuan dalam analisis. Sehingga nantinya Anda mampu mengimplementasikan sendiri tergantung pada bentuk usaha masing-masing.

 

Tujuan Penyusunan Studi Kelayakan Bisnis

 

Tujuan analisis kelayakan usaha sebenarnya tidak terlalu kompleks yaitu untuk menggali seberapa dalam potensinya. Jadi ketika terlaksana nanti pelaku usaha sudah mengetahui potensi dari usahanya.

 

Namun pada prakteknya tujuan penyusunan analisis kelayakan lebih luas dari fundamental tersebut. Dengan adanya data dari penelitian tersebut akan banyak faktor untuk menjadi pertimbangan usaha.

 

Misalnya ketika melakukan analisis akan terlihat siapa saja potensi pangsa pasar dari sebuah produk. Ketika data tersebut sudah terlihat maka pemilik usaha dapat fokus mengejar potensi pangsa pasar.

 

Memanfaatkan pengumpulan data dan analisis sebuah bisnis dapat berkembang secara lebih konsisten. Lama atau tidaknya perkembangan tersebut tentu saja tergantung pada banyak faktor lapangan lainnya.

 

Oleh karena itu tetap tidak bisa terbaca bagaimana kecepatan pertumbuhan secara akurat dari sebuah usaha. Karena studi kelayakan sifatnya adalah peramalan berdasarkan pengambilan data lapangan.

 

Maka tidak bisa melihat seberapa cepat atau jika menggunakan chart seberapa pesat progres usaha. Harus ada faktor selain studi kelayakan saja untuk memprediksi seberapa jauh kecepatan perkembangan.

 

Oleh karena itu ada beberapa metodikal yang perlu menjadi implementasi agar peramalan terhadap progres dapat terlaksana. Ada dua metode yaitu probability dan non probability sampling dalam pengumpulan data.

 

Dengan mengimplementasikan metode tersebut maka peneliti dapat menggali data secara lebih dalam. Ketika proses penggalian data terjadi tentu saja harus ada variabel kontrol agar hasilnya tetap akurat.

 

Metode Penyusunan Studi Kelayakan Bisnis

 

Dalam kegiatan analisis studi kelayakan bisnis terdapat dua metode analisis paling sering menjadi acuan. Probability dan non probability sampling adalah pilihan yang dapat menjadi acuan pengambilan data.

 

Mengapa harus menggunakan probability sampling apabila peneliti sudah mengetahui demografi terhadap kawasan penelitian. Jadi setiap individu dalam kawasan tersebut memiliki peluang sama menjadi objek penelitian.

 

Karena semua individu misalnya memiliki peluang sama dalam menjadi objek penelitian maka hasilnya mungkin tidak seperti ekspektasi. Hal tersebut terjadi karena minimnya variabel kontrol dari peneliti.

 

Kemudian jika peneliti masih belum yakin pada demografi kawasan penelitian maka non probability sampling adalah pilihannya. Metode tersebut akan membuat tidak semua individu misalnya menjadi objek penelitian.

 

Ketika hal tersebut terjadi maka peneliti perlu memberikan parameter dan faktor tertentu. Jadi orang yang menjadi objek penelitian harus memenuhi kriteria tertentu misalnya dari segi profesi atau pendapatan.

 

Apabila filter seperti itu menjadi salah satu parameter maka hasil penelitian nanti juga lebih terkontrol dan spesifik. Jadi hasil pengambilan data tidak terlalu rancu dan luas seperti pengambilan sampel umum.

 

Proses pengambilan data seperti itu akan membuat pemilik usaha bisa menentukan sendiri bagaimana target pasarnya. Karena adanya analisis maka produk, pengembangan, dan pelayanan usaha juga bisa meningkat.

 

Inilah mengapa adanya penelitian dalam implementasi bisnis itu sifatnya sangat krusial. Jadi penyusunan studi kelayakan bisnis akan menjadi fundamental terhadap manuver sebuah bisnis jangka panjang.

 

 

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com