0811-1280-843

+62172741380

Sertifikasi Beras Organik

Sertifikasi Beras Organik

 

Pengertian

 

Sebagai bahan pangan utama se-Indonesia, sertifikasi beras organik adalah proses penting dari sebuah pemilik usaha organik. Beras organik melalui proses budidaya sampai pengemasan sesuai standar nasional Indonesia khusus untuk bahan pangan bebas kimia.

 

Harga beras organik pasti lebih mahal dari yang biasanya, namun hal tersebut justru menjadi incaran para pelaku hidup sehat. Beberapa orang mempertimbangkan membeli pangan organik karena setiap detail bahannya memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

 

Uniknya bahan pangan utama ini juga perlahan hadir ke pasaran dengan pemilihan warna berbeda. Bukan hanya putih, namun juga banyak beredar warna lainnya, seperti merah, hitam, serta coklat. Masing-masing memberikan kandungan manfaat baik terhadap tubuh.

 

Terutama untuk orang-orang yang sedang berdiet, kategori organik menjadi pertimbangan penting demi mencapai goal berat badan minimal. Diet bukan semata untuk keindahan, namun juga demi menjaga kesehatan luar tubuh maupun berbagai organ dalam tubuh.

 

Pasokan Beras Organik Masih Minim

 

Produksi beras organik sebenarnya tidak lebih banyak dari beras biasa. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan, melainkan karena upaya petani mengusir hama, salah satunya dengan menyemprotkan pestisida. Jika tidak, hama akan menggerogoti seluruh tanaman padi.

 

Beberapa petani bisa saja mengajukan sertifikasi beras organik ketika percaya dan membiarkan siklus alam bekerja. Beberapa orang percaya bahwa alam ini sudah bekerja sesuai aturannya. Adanya hama merupakan salah satu siklus panen ulangnya tanaman.

 

Salah satu faktor penyebab masih sedikitnya jumlah beras organik Indonesia juga bisa karena minat mayoritas orang membeli pangan organik masih sedikit. Meskipun harga jual organik jauh lebih mahal, namun dari beras konvensional jika terkumpul juga keuntungan sama.

 

Pembelian bahan pangan organik memang bukan untuk kaum yang penuh dengan pertimbangan ekonomi. Para pembeli datang dari kelas elite sehingga wajar jika proses sertifikasinya juga harus melalui berbagai proses rumit.

 

Petani yang mengajukan sertifikasi untuk beras organik kepada lembaga terkait wajib memastikan bahwa lahan pertaniannya telah bebas dari kontaminasi bahan kimia minimal 3 tahun ke belakang. Nantinya survey tahunan akan berjalan guna memastikan petani tidak melanggar.

 

Persyaratan Sertifikasi Beras Organik Sebagai Bahan Pangan Premium

 

Beras organik termasuk ke dalam salah satu jenis khusus yang diperjualbelikan kepada seluruh masyarakat dalam maupun luar negeri. Untuk menentukan bahan pangan organik atau bukan, Anda bisa memeriksa ada atau tidaknya label pada kemasan makanan.

 

Masuk kategori khusus, maka jenis bahan pangan ini wajib memenuhi standar premium sesuai ketetapan. Adapun persyaratan sebuah kelas pangan premium untuk mendapatkan sertifikasi untuk beras organik adalah seperti ini:

 

  1. Beras organik mendapatkan pengecualian derajat sosoh karena tergolong sebagai jenis pangan premium.
  2. Ketentuan atau penyebutan premium bukan dari pengakuan sendiri, melainkan harus ada pengakuan resmi dari pemerintah. Bahan pangan premium bisa dari hasil produksi dalam negeri maupun luar negeri.
  3. Sesuai dengan peraturan perundang-undangan, beras organik wajib mencantumkan keterangan asal, mutu, berikut keamanan pada kemasan.

 

Demi memenuhi ketiga hal tersebut, perusahaan atau petani tidak bisa menempuh jalur singkat. Proses sertifikasi berjalan cukup lama guna memastikan bahan pangan benar-benar patut berlabel organik ketika masuk pasar.

 

Sekalipun sudah masuk pasar dengan label organik, namun tiga tahun sekali akan datang tim ke lapangan untuk survey dan memastikan kualitas pangan masih merupakan yang terbaik.

 

Apapun jenis berasnya, mau itu berwarna putih, merah, cokelat, dan hitam, jika premium maka butuh sertifikat resmi. Banyak lembaga sertifikasi beras organik bisa Anda pilih saat ini.

 

 

Baca Juga :  Pembuatan IPAL

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com