0811-1280-843

+62172741380

Sertifikasi Pertanian Organik

Sertifikasi Pertanian Organik

 

 

Sertifikasi Pertanian Organik

 

Proses sertifikasi pertanian organik merupakan salah satu prosedur yang harus terpenuhi suatu produk apabila ingin berlabel organic ketika masuk pasar. Semakin banyaknya produk berlabel organic di pasaran salah satu pemicunya adalah mulai banyaknya kesadaran untuk hidup sehat.

 

Tambah lagi sumber daya alam Indonesia juga termasuk mudah menyediakan berbagai bahan pangan organic. Ada banyak lahan pertanian dengan seluruh prosesnya tanpa banyak mencampurkan bahan kimia selama proses tanam hingga panen bahkan ketika masuk proses pemasaran.

 

Ternyata definisi organic dari sebuah bahan pangan bukan hanya berdasarkan hasil laboratorium saja. Mulai dari proses penanaman, panen, bahkan hingga proses angkut harus memenuhi standar tertentu. Jika tepat maka bisa kategori sebagai bahan organic.

 

Pemberian label organic harus memenuhi standar lahan pertanian berikut prosesnya secara organic juga. Selain itu, mesti ada pengakuan secara legal dari sebuah lembaga yang menegaskan bahwa betul sebuah produk memang patut mendapatkan sertifikat organic.

 

Standar Organic Saat Proses Budidaya

 

Untuk menentukan sertifikasi pertanian organik, ada banyak proses harus terpenuhi. Mulai dari budidaya, proses panen, setelah panen, ketika masuk proses produksi, setelah pemberian label, ketika masuk masa simpan, sampai proses logistiknya. Hal ini rutin setiap tahun.

 

Artinya, ketika sebuah usaha sudah memiliki label organic, belum tentu itu bisa bermanfaat selamanya. Selalu ada pemeriksaan berkala guna menjaga kualitas bahan pangan. Dalam proses budidaya, berbagai hal yang menjadi penilaian adalah:

 

  1. Tidak menggunakan bahan kimia sama sekali, seperti pestisida, herbisida kimia, sarana produksi dan berbagai bahan juga bebas bahan kimia.
  2. Bukan menggunakan bibit atau benih GMO, dengan kata lain memanfaatkan bibit maupun benih organik.
  3. Tanah yang terpakai harus bebas bahan kimia dengan rentang waktu minimal tiga tahun masa pembersihan lahan dari paparan kimiawi.
  4. Sumber air juga terbebas dari paparan kimiawi, baik tanah maupun air harus terbukti melalui uji lab.
  5. Sampel tanaman harus masuk ke lembaga untuk uji lab demi mendapatkan sertifikasi pada pertanian organik dari lembaga terpercaya.
  6. Adanya pengawasan rutin sesuai jadwal guna memastikan pertanian betul-betul organic.

 

Sampai sini, tidak heran jika akhirnya label harga produk organik lebih mahal daripada produk non-organik. Karena kualitasnya betul-betul terjaga, maka orang-orang akan mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

 

Berikut Standar Sertifikasi Pertanian Organik Pasca Panen

 

Selesai dengan proses budidaya, selanjutnya tahapan sertifikasi berlanjut ke panen, setelah panen, dan pengolahan. Adapun berbagai hal yang harus dinilai dari proses sertifikasi pada pertanian organik ini adalah:

 

  1. Harus ada proses pembersihan sesuai panduan guna memastikan bahwa seluruh alat maupun mesin, ruang, dan lokasi tidak terkontaminasi bahan non-organik maupun organik.
  2. Tidak adanya pencampuran bahan aditif sama sekali.
  3. Kemasan harus memenuhi standar food grade serta terbebas dari paparan bahan kimia.
  4. Proses pemberian label juga harus memenuhi standar bahan pangan organic.
  5. Produk ekspor harus memenuhi standar oleh negara bersangkutan.
  6. Harus ada keseimbangan input dan output.

 

Dengan tingginya sumber daya alam, semoga semakin banyak perusahaan pangan semakin sadar dengan pentingnya produk organik.

 

Banyak sekali tahapan yang harus terpenuhi dan konsisten melakukannya secara ketat. Untuk itu, tidak mudah mendirikan lembaga sertifikasi organik karena berbagai aturan yang ada. Sampai saat ini masih ada belasan lembaga tersebar ke seluruh Indonesia.

 

Sementara bagian Indonesia Timur baru ada satu. Berbagai lembaga tersebut sudah teruji secara ketat untuk menjalankan tugasnya. Dengan memberikan sertifikasi pertanian organik kepada seluruh produk dari berbagai penjuru Indonesia melalui penyaringan ketat, dari pra panen sampai pasca panen.

 

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com