0811-1280-843

+62172741380

Sertifikasi Produk Organik

Sertifikasi Produk Organik

 

Sertifikasi Produk Organik

 

Proses sertifikasi produk organik dari lembaga terpercaya membantu banyak konsumen mendapatkan berbagai asupan pangan yang penanamannya tidak ada campuran kimia. Mulai dari beras, sayuran, buah-buahan, hingga konsumsi daging ayam maupun daging sapi.

 

Makin ke sini, orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan, terutama memperbaiki asupan makanan harian. Orang dengan berat badan berlebih juga mulai melakukan diet dengan alasan demi kesehatan, bukan demi mendapatkan tubuh bagus.

 

Terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini, daya tahan tubuh harus selalu fit supaya terhindar dari segala macam penyakit. Banyak upaya mencapai daya tahan tubuh selalu sehat, bisa dengan berolahraga pagi secara rutin serta memperbaiki pola makan sehari-hari.

 

Tambahan asupan multivitamin akan membantu memperbaiki imun tubuh setiap orang. Orang-orang yang mulai peduli dan berbelanja bahan organik bisa terbantu sekali dengan adanya label pada tiap makanan, mulai dari warna biru, hijau, maupun label warna kuning.

 

Berikut Proses Perpanjangan Sertifikasi Produk Organik

 

Petani maupun pemilik usaha bisa langsung mengajukan permohonan sertifikasi pada produk organik ke beberapa lembaga berwenang. Setelah itu tinggal ikuti proses yang berlaku sampai akhirnya lembaga memutuskan pengabulan atau penolakan permohonan tadi.

 

Nanti, sertifikat terbit berlaku untuk tiga tahun ke depan. Setelah itu bisa berlaku perpanjangan sertifikasi dengan membayar sejumlah biaya, kurang lebih setengahnya dari saat pertama daftar. Kemudian juga wajib memberikan informasi penting, seperti:

 

  1. Perbaikan dokumen untuk menjamin kualitas bahan pangan tetap terbaik pada kelasnya. Ada atau tidaknya penambahan dokumen ini tergantung situasi pada saat masa perpanjangan. Biasanya jika ada maka harus ada dokumentasinya juga.
  2. Penambahan maupun pengurangan sesuai informasi syarat.
  3. Permintaan kepada lembaga sertifikasi apabila sebelumnya ada sedikit kesalahan atau hal yang tidak sesuai untuk diperbaiki pada saat perpanjangan sertifikasi ini.
  4. Berbagai informasi lainnya hanya apabila aturan baru membutuhkannya.

 

Biasanya waktu tunggu para petani atau pemilik usaha organik pangan akan lebih cepat daripada awal pengajuan permohonan sertifikasi. Karena ini tindakannya berupa perpanjangan sertifikasi produk organik maka respons lembaga terkait bisa lebih cepat.

 

Namun, penting bagi semua petani dan pemilik usaha bahwa lembaga bisa saja membatalkan lisensi karena riset lapangan terbaru. Apabila terbukti lahan maupun hasil pangan tidak memenuhi persyaratan terbaru maka sertifikat organik bisa dibatalkan.

 

Berikut Beberapa Lembaga Sertifikasi Indonesia

 

Ada banyak seleksi ketat dari satu saja produk organik sebelum masuk pasar. Mulai dari keseriusan petani mengolah lahan dan bahan pangan sampai seleksi ketat oleh lembaga berwenang.

 

Tahapan untuk mendapatkan sertifikat tidaklah mudah. Setiap pemohon wajib melalui beberapa tahapan sertifikasi produk organik dari beberapa lembaga ini:

 

  1. Otoritas Kompeten Pangan Organik adalah badan yang menetapkan berbagai aturan terkait kategori produk organik. Lembaga ini juga melakukan pengawasan sekaligus pembinaan kepada pihak terkait untuk memproduksi pangan organik.
  2. Komite Akreditasi Nasional merupakan sebuah badan yang tugasnya membantu Badan Standardisasi Nasional atau BSN dalam memberikan penilaian terhadap sebuah produk. Dengan kata lain, lembaga ini adalah pemberi sertifikasinya.
  3. Laboratorium penguji merupakan tempat untuk memeriksa apakah produk sampel dari pemohon benar-benar terbebas bahan kimia atau sebaliknya.
  4. Inspector bertugas untuk memeriksa ke lapangan terkait kualitas tanaman maupun lahannya.
  5. Pelabelan, tahapan akhir untuk menempelkan label organik kepada produk terpilih.

 

Kelima lembaga tersebut bekerja sama untuk memberikan lisensi kepada pangan organik yang beredar di pasaran. Sampai saat ini, baru sedikit lembaga sertifikasi produk organik Indonesia karena memang tidak sembarang ahli bisa melaksanakan tugasnya.

 

 

 

Baca Juga :  Pembuatan IPAL

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com