0811-1280-843

+62172741380

Sertifikasi Verifikator TKDN

Sertifikasi Verifikator TKDN

Sertifikasi Verifikator TKDN

Mengurus sertifikasi verifikator TKDN merupakan salah satu kegiatan wajib perusahaan terutama jika ingin mengikuti tender. Proses penerbitan sertifikasinya bisa cepat atau lambat tergantung berkas pengajuan dan hasil penghitungan nilai TKDN barang atau jasa. Tahukah Anda jika P3DN merupakan salah satu pihak yang bertanggung jawab dalam penerbitan TKDN?

Fungsi dan Tugas P3DN Dalam Pelaksanaan Sertifikasi Verifikator TKDN

1. Melakukan Rapat Panel Pembahasan Nilai TKDN Penyedia Jasa/Barang

Ada dua pihak yang harus Anda perhatikan tugas dan wewenangnya sebelum mengurus TKDN. Pertama adalah lembaga surveyor dan selanjutnya yaitu P3DN. Salah satu tugas pokok P3DN adalah melaksanakan agenda rapat panel guna membahas penghitungan TKDN dari suatu produk atau jasa.

Tugas ini tidak bisa P3DN hindari karena sudah termasuk dalam SOP penerbitan sertifikasi TKDN. Petugas yang bertanggung jawab dan berpartisipasi dalam rapat panel merupakan petugas yang memiliki pengetahuan dan pengalaman luas terkait TKDN.

2. Mencetak dan Mengesahkan Sertifikat TKDN

Usai melakukan agenda rapat panel sesuai berkas pengajuan TKDN yang lembaga surveyor kirimkan, tugas selanjutnya adalah mencetak dan mengesahkan sertifikat. Pengajuan berkas sertifikasi TKDN yang naik pada tahapan ini tandanya telah memenuhi berbagai persyaratan sertifikasi verifikator TKDN barang.

Berkas yang sudah cetak dan sah lantas P3DN sampaikan pada lembaga surveyor menjadi tanggung jawab pejabat terkait. Itulah mengapa proses pencetakan sertifikasi TKDN membutuhkan banyak waktu karena pertimbangannya sangat beragam.

3. Memonitoring Implementasi Konsistensi Nilai TKDN Barang/Jasa

Sebelumnya, kami telah menjelaskan pada Anda dua tugas pokok P3DN ketika melaksanakan fungsinya sebagai lembaga verifikator TKDN. Menariknya, tugas P3DN tidak berhenti sampai situ karena mereka masih harus melakukan pengawasan terhadap implementasi konsistensi nilai TKDN.

Monitoring ini bertujuan untuk menghindari resiko pelanggaran nilai TKDN yang kemungkinan perusahaan jasa atau produsen barang lakukan. Ketika terjadi permasalahan pun, P3DN siap datang untuk menyelesaikan permasalahannya.

2 Jenis Sanksi Terhadap Lembaga Verifikasi TKDN

Sanksi pelanggaran TKDN mungkin menjadi hal yang paling menakutkan bagi perusahaan. Itulah mengapa mereka menunjuk perusahaan jasa pengurusan TKDN guna menghindarinya. Namun tidak banyak yang mengetahui jika sanksi terkait TKDN juga berlaku terhadap lembaga verifikasi. Lantas, apa saja sanksi administratifnya?

1. Peringatan Tertulis

Sanksi pertama yang pemerintah berikan adalah peringatan tertulis. Sanksi ini menjadi teguran pertama yang pemerintah berikan terkait pelaksanaan tugas atau wewenang yang kurang pada tempatnya. Pejabat yang menerima sanksi sertifikasi verifikator TKDN ini alangkah baiknya tidak menyepelekannya.

Mengapa? Selain memberikan sanksi berupa peringatan tertulis ada juga sanksi lain yang bobotnya jauh lebih berat. Agar terhindar dari sanksi kedua, petugas verifikasi TKDN wajib mengatasi dan menyelesaikan pelanggaran yang telah mereka lakukan.

2. Pencabutan Penunjukan Sebagai Verifikator

Bila peringatan tertulis tidak cukup membuat verifikator jera dan bekerja secara bijaksana sesuai SOP maka pemerintah berhak memberikan sanksi lanjutan. Sanksi tersebut adalah pencabutan hak atas penunjukan sebagai verifikator. Sanksi ini adalah sanksi paling berat karena tandanya pejabat tidak lagi memiliki kesempatan untuk menjalankan fungsinya sebagai verifikator TKDN.

Walau terlihat sangat berat, pejabat verifikator masih bisa menghindari sanksi ini dengan mengatasi permasalahannya. Pembenahan menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi sanksi pencabutan hak sebagai verifikator TKDN.

Memikirkan sanksi TKDN bukanlah hal yang menyenangkan. Agar terhindar dari risiko sanksi atau pelanggaran, perusahaan Anda harus mulai berbenah dan menyeleksi jasa pengurusan TKDN. Cari penyedia jasa yang sudah terbiasa melayani proses sertifikasi verifikator TKDN dengan efektif dan profesional.

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com