0811-1280-843

+62172741380

Sertifikat Usaha Pariwisata

Sertifikat Usaha Pariwisata

Pengertian

Sertifikat usaha pariwisata menjadi salah satu sertifikasi yang harus Anda miliki ketika berkecimpung dalam industry pariwisata. Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam industry pariwisata ini mulai dari perhotelan, restoran, taman bermain, arena permainan, perjalanan wisata dan yang lainnya.

Memang, tidak semua industry pariwisata tertarik untuk melakukan sertifikasi usaha ini. Padahal dengan melakukan sertifikasi, usaha bisa semakin terkenal, usaha bisa memiliki standar mutu tersendiri, bahkan dapat menjadikannya sebagai objek marketing.

Namun, tentu saja mendapatkan sertifikasi usaha pariwisata ini memiliki tantangan tersendiri, karena semua pelayanan dan mutu harus sesuai dengan standar. Sehingga perusahaan tidak bisa menawar-nawar standarisasi.

Alur Mendapatkan Sertifikat Usaha Pariwisata

Untuk memperoleh sertifikat pariwisata ini, ada beberapa alur yang harus Anda lakukan. Berikut berbagai alur tersebut:

  1. Permohonan sertifikasi

Pada tahap awal untuk memperoleh sertifikasi, tentu saja Anda harus melakukan permohonan. Permohonan sertifikasi ini untuk jasa atau lembaga penilai kesesuaian.

 

  1. Penawaran biaya

Bila permohonan sudah masuk, nantinya Anda akan melihat penawaran biaya. Biaya ini merupakan biaya untuk auditor, pembuatan laporan evaluasi, pengiriman sertifikat akreditasi, akomodasi evaluasi.

 

Tentu saja Anda harus sudah menyiapkan berbagai macam biaya tersebut, sehingga nantinya proses dapat berjalan tanpa kendala.

 

  1. Perjanjian kerja sama

Bila masalah biaya sudah terselesaikan dengan baik, Anda dapat melakukan perjanjian kerja sama dengan jasa sertifikasi.

 

Meskipun terjadi perjanjian kerja sama, namun proses audit ini menggunakan komitmen ketidakberpihakan, sehingga proses audit benar-benar sesuai dengan obyektivitas di lapangan.

 

  1. Pelaksanaan audit

Pelaksanaan audit nantinya selama kurang lebih 1 bulan lamanya. Sebenarnya untuk proses audit ini juga bergantung pada kesiapan perusahaan Anda menyiapkan berbagai kebutuhan audit.

 

  1. Keputusan serta penerbitan sertifikat

Setelah audit selesai, dan tidak ada yang harus menjadi revisi nantinya jasa sertifikasi akan menerbitkan sertifikat. Namun, bila terdapat hal yang kurang sesuai, tentu saja perusahaan harus memperbaikinya terlebih dulu.

 

  1. Pengawasan

Bila sertifikasi selesai dan perusahaan Anda telah memperoleh sertifikat, nantinya akan melakukan audit peninjauan. Audit peninjauan ini untuk memastikan konsistensi implementasi. Apakah tetap sesuai dengan peraturan atau tidak. Melakukan audit ini dalam waktu 1 tahun sekali.

 

  1. Re-sertifikasi

Setelah sertifikasi selesai, sesudah 3 tahun nantinya perusahaan akan melakukan re-sertifikasi kembali untuk memperbarui sertifikasi usaha tersebut.

Tips Agar Memperoleh Sertifikat Usaha Pariwisata dengan Cepat

Untuk memperoleh sertifikat usaha di bidang pariwisata ini dengan cepat, perusahaan bisa mengikuti kiat berikut, seperti:

  1. Memilih jasa yang dapat bekerja sama dengan baik

Agar proses sertifikasi bisa terselesaikan dengan cepat, pastikan memilih jasa sertifikasi yang bisa bekerja sama. Maksud bekerja sama ini ialah, ketika terjadi kesalahan, jasa sertifikasi dengan cepat mau melakukan evaluasi.

 

  1. Menyiapkan biaya yang cukup sebelumnya

Seperti penjelasan alur sertifikasi, nantinya Anda akan melalui proses pembayaran biaya, oleh sebab itu pastikan sudah menyiapkan biaya yang cukup. Anda dapat memilih jasa sertifikasi yang memiliki biaya terjangkau.

 

Namun, meskipun memilih jasa sertifikasi dengan harga terjangkau, pastikan kembali bila memilih jasa yang dapat bertindak dengan cepat dan tepat.

 

  1. Menyiapkan semua dokumen dan proses dengan baik

Sebelum proses sertifikasi ini berjalan, biasanya jasa sertifikasi akan menerangkan seluruh proses. Nantinya, bila proses sertifikasi belum terjadi, Anda dapat menyiapkan semua kebutuhan dengan baik.

 

Sehingga, ketika proses berjalan, seluruh dokumen sudah siap selain itu Anda juga bisa memulai melatih karyawan dengan baik selama proses audit.

Sertifikasi usaha pariwisata memang bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan mutu perusahaan, namun jangan sampai proses sertifikat usaha pariwisata ini berjalan tidak maksimal.

 

Baca Juga :  SIUPPAK

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com