0811-1280-843

+62172741380

Strategi Efisiensi Produksi

Strategi efisiensi produksi merupakan salah satu langkah penghematan yang kerap kali dilakukan pada industri manufaktur. Tujuannya agar perusahaan dapat memaksimalkan sumber daya yang mereka punya tanpa menghabiskan banyak energi atau modal.

Setidaknya ada lima langkah yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan efisiensi produksi. Selengkapnya silakan perhatikan pemaparan berikut.

Cara maksimalkan

  1. Olah dan atur stok barang sebaik mungkin

Supaya proses produksi berjalan lebih baik dan efisien, suatu perusahaan wajib melakukan pengelolaan atau pengaturan stok barang dengan benar. Penumpukan bahan mentah, setengah jadi atau barang jadi sebaiknya dihindari sejak dini.

Selain mengurangi penggunaan ruangan, menyesuaikan stok juga menghindari cacat atau kerusakan barang sebelum dijual. Buatlah catatan stok barang tersimpan setiap harinya dan kelola barang-barang tersebut sesuai kebutuhan.

  1. Lakukan analisis mendetail pada karyawan

Keberadaan karyawan merupakan kebutuhan mutlak bagi perusahaan produksi. Karyawan membantu proses produksi berjalan dengan lancar hingga menghasilkan barang siap jual. Agar strategi efisiensi produk terbaik berjalan lancar, perusahaan perlu melaksanakan penilaian atau evaluasi pada karyawan.

Pengawasan dan penilaian kinerja karyawan secara tidak langsung akan membantu peningkatan mutu produksi. Langkah ini juga memudahkan perusahaan menetapkan target kinerja masing-masing karyawan. Apakah seluruh karyawan telah melakukan pekerjaan sesuai targetnya atau belum?

  1. Pecah pekerjaan besar menjadi berbobot kecil

Mengerjakan pekerjaan skala besar menghabiskan waktu lebih banyak daripada pekerjaan dengan bobot kecil. Kondisi ini tidak sesuai dengan prinsip efisiensi produksi. Oleh karena itu, lakukanlah pemecahan pekerjaan agar terasa lebih ringan sekaligus mengurangi modal.

  1. Buat jadwal pemeriksaan/ evaluasi mesin

Selain menggunakan karyawan sebagai tenaga kerja, perusahaan produksi juga memanfaatkan berbagai mesin atau peralatan manufaktur lainnya. Tidak jauh berbeda dari karyawan yang memerlukan pemeriksaan kesehatan rutin, mesin juga membutuhkannya.

Evaluasi atau pemeriksaan mesin yang terjadwal niscaya akan menghindarkan perusahaan dari beban atau pemborosan belanja mesin baru. Belanja mesin baru tentunya menambah beban finansial yang jauh sekali dengan prinsip efisiensi produksi.

  1. Temukan penyebab pemborosan

Cara menerapkan strategi efisiensi produksi sebenarnya sangat mudah, Anda hanya perlu menemukan berbagai penyebab pemborosan produksi. Pemborosan produksi tidak bisa disepelekan begitu saja apalagi jika berlangsung cukup lama.

Dalam jangka panjang, pemborosan produksi akan mempengaruhi pengolahan inventaris, penundaan produksi dan sebagainya.

Contoh strategi efisiensi pemasaran hasil produksi

  • Coba digital marketing

Teknologi digital melahirkan banyak aktivitas baru salah satunya digital marketing, Yang mana perusahaan dapat mempromosikan barang mereka secara online. Supaya kegiatan pemasaran terasa lebih efisien, buatlah konten SEO pada website perusahaan. Manfaatkan pula media sosial sebagai digital marketing lainnya.

  • Jaga hubungan baik dengan customer

Dalam bidang produksi, perusahaan memiliki tanggung jawab berat untuk menjaga hubungan baik antara perusahaan dan pegawai. Namun dalam bidang pemasaran, hubungan baik dengan customer juga wajib terjaga karena merekalah yang membeli dan menggunakan produk perusahaan.

  • Pilih target marketing

Sebelum menjalankan perusahaan manufaktur, Anda sudah tahu mana target marketing yang potensial dan tidak. Proses ini penting dan harus ada terlebih dahulu sebelum memproduksi barang.

Tanpa konsumen yang jelas, sulit bagi perusahaan Anda mengembalikan modal bahkan menerima keuntungan yang besar. Maka dari itu, lakukanlah berbagai survei dan penelitian hingga memperoleh target marketing potensial.

Menjalankan prinsip efisiensi produk bagi perusahaan bukan hal yang mudah apalagi jika tidak ada dukungan dari tenaga ahli yang berpengalaman. Setelah yakin telah mempekerjakan orang-orang terbaik, mulailah jalankan strategi efisiensi produksi sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com