0811-1280-843

+62172741380

Studi Kelayakan Bisnis Adalah

Studi Kelayakan Bisnis Adalah

 

Pengertian

 

Pengertian dari studi kelayakan bisnis adalah sebuah analisa untuk memprediksikan secara akurat apakah bisnis akan berjalan langgeng atau sebaliknya. Jika suatu usaha memiliki potensi kerugian lebih besar maka dari awal tidak perlu coba-coba.

 

Sebaliknya, jika potensi keuntungannya lebih menjanjikan maka pengusaha bisa memaksimalkan modal sedari awal. Tidak sedikit orang pemula membuka usaha tanpa mementingkan analisa kelayakan lalu pada akhirnya gulung tikar karena tidak mampu bersaing.

 

Dalam berbisnis, bukan hanya soal nyali besar dan niat kuat. Namun, harus memperhatikan berbagai aspek lainnya juga. Ketepatan pasar dan cara memasarkan merupakan salah satu pemicu produk akan laku keras atau sebaliknya, hanya bertahan sampai gudang.

 

Sudah banyak contohnya, beberapa usaha bisa sama, namun yang bertahan pada akhirnya hanya satu saja. Satu yang bertahan ini kemungkinan besar lebih efektif membaca pasar dan lebih efisien cara pemasarannya sehingga bisa bertahan melewati berbagai rintangan.

 

Manfaat Penerapan Studi Kelayakan Bisnis Adalah

 

Analisa atau studi kelayakan bisnis merupakan sebuah cara suatu bisnis dapat bertahan dari berbagai gempuran persaingan dan kemajuan zaman. Para pebisnis yang mampu bertahan pasti merasakan betul manfaat studi kelayakan bisnis seperti ini:

 

  1. Dapat menekan risiko kerugian sekecil mungkin, bahkan menghindarinya sama sekali. Melalui prediksi berdasarkan penelitian maka akan ketemu sebuah kesimpulan apakah bisnis menjanjikan atau berpotensi merugikan.
  2. Menjadi acuan dalam merencanakan bisnis secara lebih akurat. Tidak sedikit pemula melihat orang lain sukses dalam usaha tertentu langsung menurutinya. Padahal, lain strategi maka lain juga tingkat keberhasilannya.
  3. Selain dalam hal perencanaan, adanya analisa juga mempermudah pebisnis dalam menjalankan usahanya. Ketika ada acuan jelas maka setiap keputusan berdasarkan alasan logis.
  4. Adanya analisa akurat juga menjadi acuan penting ketika melakukan pengawasan kepada bawahan. Pengawasan bisa berkenaan dengan kinerja karyawan sampai laporan keuangan.
  5. Manfaat studi kelayakan bisnis adalah mempermudah pengendalian sebagai pemilik usaha. Terlebih jika skalanya makin besar, pengawasan harus semakin ketat untuk menghindari kecolongan.

 

Tanpa melakukan analisa akurat terlebih dahulu maka kelima manfaat tersebut mustahil didapatkan. Karena berbisnis itu bukan soal insting atau tebak-menebak seperti judi. Berbisnis adalah usaha mendapatkan untung besar dengan modal sekecil-kecilnya.

 

Tahapan Menyusun Studi Kelayakan Berbisnis

 

Beberapa pengusaha abai terhadap studi kelayakan meskipun tahu hal ini penting. Namun, beberapa lainnya tidak menerapkan karena memang tidak tahu.

 

Apakah ini kali pertama Anda memulai usaha? Jika bingung dengan proses analisis awal maka bisa ikuti tahapan-tahapan studi kelayakan berikut ini:

 

  1. Temukan ide untuk membuka usaha apa. Contoh, pada masa pandemi yang belum kunjung berakhir, Anda berpikiran untuk membuka usaha pembuatan face shield.
  2. Tahapan studi kelayakan bisnis dengan melakukan penelitian atas ide tadi. Penelitian ini meliputi aspek keuangan, manajemen, persaingan pasar, sampai strategi pemasaran.
  3. Setelah melakukan penelitian, selanjutnya bisa langsung masuk ke tahapan evaluasi. Yang mana Anda mempertimbangkan baik dan buruknya dari pembukaan usaha face shield.
  4. Selain ide bisnis nomor satu, Anda juga wajib mempersiapkan ide lain sebagai alternatif jika poin nomor satu terkendala dalam pelaksanaannya.
  5. Jika poin nomor 4 sudah berhasil maka selanjutnya tinggal membuat perencanaan pelaksanaan secara matang. Pastikan semua hal telah matang.
  6. Terakhir, tahap eksekusi atau pelaksanaan bisnisnya.

 

Meskipun hasil analisis tidak akurat sepenuhnya, namun setidaknya pebisnis tidak gamang dalam melangkah. Ada acuan jelas dari setiap keputusan dalam menjalankan bisnis. Fungsi studi kelayakan bisnis adalah sebagai pedoman dalam pengambilan keputusan hendak menjalankan bisnis atau tidak.

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com