fbpx

Studi Kelayakan Bisnis

Studi Kelayakan Bisnis
Studi Kelayakan Bisnis

 

Studi Kelayakan Bisnis

 

Proses studi kelayakan bisnis perlu dilakukan oleh setiap pebisnis sebelum memulai usaha untuk menjamin keberlangsungan dalam jangka panjang. Akibat buruk jika proses ini terabaikan adalah ancaman usaha gulung tikar karena tidak menggunakan analisa dulu.

 

Secara sederhana, tahapan ini memberikan gambaran apakah sebuah usaha layak atau tidak. Apakah usaha yang berjalan memiliki masa depan atau potensi gulung tikarnya lebih besar. Setiap kemungkinan akan menghasilkan eksekusi berbeda.

 

Proses identifikasi kelayakan dalam berbisnis sebenarnya merupakan tahapan penting bagi setiap pengusaha. Namun, sayangnya masih banyak yang abai sehingga dampaknya membuat kerugian besar. Proses ini sama dengan menimba ilmu dari lapangan langsung.

 

Kurang lebih ada lima hal yang masuk analisis sebelum berbisnis, yakni deskripsi pasar, deskripsi bisnis, penggunaan teknologi, detail finansial dan strukturnya, serta kesimpulan akhir. Semakin rajin melakukan analisis maka semakin kecil kemungkinan kerugiannya.

 

Berbagai Aspek dalam Studi Kelayakan Bisnis

 

Bicara soal aspek kelayakan berbisnis, setiap usaha memiliki tolak ukurnya tersendiri. Ada yang bisa mengurangi dari penggambaran berikut, ada juga yang masih harus menambahkan poin selain penjabaran berikut:

 

  • Aspek Hukum

 

Khusus untuk aspek hukum, sepertinya semua jenis usaha membutuhkan pengakuan hukum secara sah. Kecuali mungkin untuk skala UMKM yang modalnya tidak begitu besar. Selain itu, pengusaha harus mempersiapkan beberapa dokumen untuk mengajukan izin resmi.

 

  • Aspek Budaya dan Ekonomi

 

Contoh studi kelayakan dalam bisnis juga harus mempertimbangkan apa dampaknya terhadap kebudayaan sekitar. Serta juga analisa mendalam seperti apa peluang keuntungan dari pendirian usaha kedepannya. Apakah perusahaan akan untung besar atau pas-pasan.

 

  • Aspek Pasar dan Pemasaran

 

Membaca minat dan selera pasar akan menentukan seperti apa strategi pemasaran berjalan. Contoh, apabila pasarnya adalah anak muda pengguna media sosial maka strategi pemasaran terampuh adalah memasang iklan pada media sosial dengan lugas dan padat.

 

  • Aspek Manajemen

 

Manajemen atau pengelolaan merupakan motor penggerak dari keseluruhan aspek. Ketika semua persiapan matang, akan tetapi penggeraknya tidak berkualitas maka hasilnya nihil. Sementara jika semua persiapan matang dan sumber daya maksimal maka hasilnya optimal.

 

  • Aspek Keuangan

 

Terakhir, studi kelayakan bisnis tentu saja wajib memperhatikan segi keuangan perusahaan. Seberapa besar keuangan ini akan menentukan sejauh mana skala sayap berbisnis semakin melebar. Semakin banyak modal maka semakin besar pangsa pasarnya.

 

Sekarang sudah banyak OS akuntansi yang membantu Anda menghitung kemungkinan untung rugi sebuah bisnis. Kelima aspek tersebut merupakan referensi, sementara dalam pelaksanaannya bisa menyesuaikan dengan situasi berbisnis.

 

Tujuan Melakukan Analisa Dalam Bisnis

 

Tujuan besar dari studi kelayakan berbisnis adalah menjadi sebuah prediksi akurat apakah sebuah usaha bisa berjalan langgeng atau sebaliknya. Jika menurut analisa ternyata usaha memberikan peluang untung banyak maka upaya mengembangkannya juga maksimal.

 

Sementara, jika hasil analisa mengatakan usaha tidak memberikan keuntungan maka sedari awal pebisnis bisa melakukan antisipasi. Bisa dengan mengubah strategi, mencari lokasi lain, atau juga mengubah produk dengan produk lain yang lebih banyak penggemarnya.

 

Kebanyakan kisah pebisnis sukses pasti dalam perjalanannya memiliki langkah demi langkah perencanaan dengan tujuan fokus. Kebanyakan yang gagal dan mudah gulung tikar justru karena enggan belajar dan hanya menempuh jalan pintas menuju kata sukses.

 

Merintis bisnis bukan hal mudah. Sedari awal harus selalu berpikir terdepan. Sementara ketika sudah mulai beroperasi juga dan harus bersaing secara ketat. Usaha bukan sekedar mengambil cuan, namun juga harus bisa mempertahankan konsumen.

 

Bagaimana cara mempertahankan konsumen, mengembangkan bisnis, dan menghindari risiko adalah bagian dari studi kelayakan bisnis pada berbagai jenis usaha.

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Bagikan ke: