fbpx
Studi Kelayakan Hotel
Studi Kelayakan Hotel

 

Pengertian

 

Dalam melakukan studi kelayakan hotel berbagai hal perlu masuk dalam analisis faktual. Tidak jauh berbeda terhadap usaha lain, perhotelan juga memerlukan analisis agar nantinya bisa memiliki prospek bagus.

 

Semua bentuk bisnis apabila menginginkan keberhasilan perlu melakukan penelitian terkait beberapa hal. Target pasar, lokasi usaha, hingga demografi masyarakat sekitar tempat bisnis tersebut.

 

Mengapa hal seperti itu krusial dalam sebuah penelitian usaha karena dapat menjadi acuan dalam prediksi sukses tidaknya target. Apabila analisis tidak menunjukkan progres positif artinya tidak terdapat kecocokan.

 

Perubahan strategi atau lokasi perlu implementasi ketika ternyata hasil penelitian tidak sesuai target. Oleh karena itu Kami akan membantu Anda dalam memahami aspek apa saja dalam penelitian tersebut.

 

Karena meskipun Anda nanti bukan menjadi seorang analis langsung namun memahami pengantar metode ini sifatnya perlu. Jadi Anda tidak tertipu oleh analis yang sekarang sedang banyak beredar.

 

Ini adalah langkah tepat karena jika berada dalam posisi kurang ideal, pelaksanaan analisis bisa secara pribadi. Sehingga sedikit memahami aspek dalam penelitian tidak pernah menjadi sebuah hal percuma.

 

Aspek Internal Usaha Dalam Studi Kelayakan Hotel

 

Aspek internal usaha meliputi lingkup manajemen secara keseluruhan. Jadi ini cukup luas dan perlu menjadi sorotan ketika hendak mendirikan sebuah usaha baik jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Hal pertama yang perlu menjadi sorotan adalah manajemen sumber daya. Sumber daya ini bisa berupa produk dan bagaimana membuatnya agar nanti dapat keluar secara optimal sehingga memberikan profit.

 

Dalam penerapannya pemilik usaha perlu melihat bagaimana sumber daya manusia dalam melakukan tugasnya. Apalagi dalam dunia perhotelan, pelayanan adalah hal paling penting dalam menjalankannya.

 

Jadi memastikan sumber daya manusia terbaik untuk bekerja menjadi sorotan penting ketika hendak menjalankannya. Kemudian tidak boleh lupa apa saja aspek pendukung kegiatan pemasaran dari properti tersebut.

 

Jika sebuah hotel berdiri tanpa adanya aspek pendukung lain tentu nantinya pemasaran akan kurang optimal. Jadi harus ada alasan mengapa sebuah hotel perlu berdiri pada sebuah lokasi tertentu.

 

Misalnya ketika ada destinasi wisata atau kawasan tersebut merupakan pusat perjalanan karena alasan tertentu. Jadi hal seperti itu memang perlu menjadi pertimbangan agar nantinya bisnis memiliki progres positif.

 

Jika melakukan pembangunan secara sembarang tentu saja nantinya akan terjadi kegagalan dalam aspek pemasaran. Progres perkembangan kota atau lokasi juga perlu menjadi titik pengamatan agar usaha tetap mampu bertahan.

 

Aspek Pasar Dalam Studi Kelayakan Hotel

 

Aspek pasar merupakan pertimbangan eksternal dalam perencanaan sebuah usaha apapun misalnya hotel. Jadi apa saja dampak terhadap masyarakat, fakta lapangan, dan potensi bisnis secara keseluruhan.

 

Dampak masyarakat dan fakta lapangan menjadi dua aspek tersendiri yang tidak bersinggungan dengan internal usaha. Namun potensi bisnis secara keseluruhan masih saling berkaitan terhadap aspek internal.

 

Jadi nantinya ketika penelitian terhadap pengaruh luar peneliti tidak perlu mengangkat internal lain. Bagaimana penerimaan masyarakat terhadap sebuah bisnis dan dampaknya pada lokasi perlu menjadi fokus.

 

Jadi hotel harus memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar meskipun jumlahnya tidak besar. Kemudian fakta lapangan tentu saja meliputi apakah memang lokasi tersebut layak guna atau tidak.

 

Karena perhotelan adalah bisnis kurang fleksibel sehingga membutuhkan banyak pendukung sebelum mendirikannya. Bagaimana penerimaan masyarakat, pengaruh lokasi terhadap pemasaran, hingga progres lokasi jangka panjang.

 

Kota-kota Indonesia mayoritas tidak memiliki fokus tersendiri sehingga semuanya selalu jack of all trade. Selalu ada berbagai hal dalam kota namun tidak memiliki fokus tersendiri yang menjadi ujung tombak.

 

Fakta lapangan seperti itu perlu menjadi acuan ketika memang hotel akan berdiri. Dengan mengamati bagaimana demografi secara keseluruhan dan bukan hanya aspek keuntungan pemasaran saja.

 

Dengan memahami dua aspek tersebut tentunya Anda bisa sedikit lebih familiar terhadap analisis pasar. Jadi studi kelayakan hotel nantinya bisa menjadi ujung tombak dalam menentukan manuver bisnis ideal.

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *