fbpx
Studi Kelayakan Pasar
Studi Kelayakan Pasar

 

Studi Kelayakan Pasar

 

Untuk dapat bersaing dengan perusahaan lain, Anda perlu melakukan studi kelayakan pasar agar strategi pemasarannya efektif. Pada dasarnya studi untuk meneliti keadaan pasar bisa digunakan ketika perusahaan ingin mengembangkan bisnisnya melalui beberapa pertimbangan.

 

Pertimbangan kondisi segmentasi pasar, analisa pasar, analisa pesaing dan promosi adalah yang perusahaan perlukan untuk ke depannya. Keempat hal itu menjadi aspek penentu keberhasilan suatu perusahaan ketika ingin bersaing secara terbuka dengan perusahaan sejenis lainnya.

 

Dengan mengamati keadaan pasar dan membuat laporan studi secara menyeluruh, Anda dapat melihat celah yang berguna untuk perencanaan strategi pemasaran. Tentu saja hal ini bagus untuk prospek perusahaan ke depannya karena studi pasar sudah Anda dapatkan.

 

Perencanaan Menggunakan Segmentasi Pasar

 

Aspek pertama dalam studi yang perlu Anda lakukan adalah dengan melihat segmentasi pasar itu sendiri. Segmentasi berupa letak geografis dan demografis konsumen sebagai target pemasaran. Ketika sudah menemukan segmentasi yang komplit, maka strategi marketing bisa Anda lakukan.

 

Manfaat yang Anda dapat dari informasi kelayakan pasar adalah perencanaan strategi promosi melalui penempatan terbaik. Dengan melihat umur, usia, tingkat pendidikan, etnis, pendapatan dan agama konsumen sebagai bentuk demografis, Anda dapat memanfaatkan celah yang ada.

 

Artinya adalah perilaku pasar berguna untuk membuat desain iklan dan promosi yang efektif. Anda bisa merencanakan iklan dengan menyesuaikan selera konsumen. Tentunya cara ini sangat bagus untuk menarik minat konsumen sebanyak mungkin melalui kegiatan promosi.

 

Analisa Studi Kelayakan Pasar

 

Untuk mendapatkan data yang konkret, analisa dapat Anda lakukan. Tahap ini butuh riset yang mendalam agar informasi penting bisa terkumpulkan sepenuhnya. Analisis berupa permintaan konsumen, kondisi harga, penawaran, tempat penjualan hingga promosi.

 

Semua itu Anda perlukan agar mendapatkan hasil yang tepat. Jika semua informasi sudah ada, langkah selanjutnya adalah merencanakan strategi pemasaran berdasarkan fundamental pasar. Tahap ini dapat Anda gunakan untuk menganalisis kekurangan strategi perusahaan.

 

Jika terdapat kekurangan dari segi harga produk, proses penawaran dan masa promosi, Anda bisa melakukan upaya pencegahan sejak awal. Dengan begitu, proses penjualan menjadi lebih terarah dan efektif karena celah pasar sudah Anda ketahui melalui data analisis tersebut.

 

Analisis Pesaing untuk Strategi Pemasaran

 

Selain konsumen, perusahaan juga perlu mencari informasi lebih mengenai pesaingnya. Dalam prosesnya, Anda bisa memantau keefektifan strategi pemasaran yang pesaing gunakan. Sekarang ini, analisis pesaing dapat dilihat dari analisis SWOT berdasarkan 4 aspek penting. Keempat aspek penting itu adalah:

 

  1. Strength (Kekuatan),

 

Menelaah seberapa besar kekuatan yang pesaing itu miliki. Data ini sangat berguna untuk melihat bagaimana strategi pemasaran terbaik. Tanpa melihat kekuatan pesaing, perusahaan Anda bisa tertinggal jauh karena kurangnya perencanaan.

 

  1. Weakness (Kelemahan)

 

Berdasarkan analisis strategi pemasaran pesaing, Anda bisa dapatkan kelemahan yang ada dalam sistemnya. Jika memiliki keunggulan tertentu, maka gunakanlah kelebihan tersebut untuk mengalahkan pesaing secara langsung melalui penjualan produk.

 

  1. Opportunities (Peluang)

 

Untuk bisa menang dalam persaingan Anda butuh peluang dari data studi kelayakan pasar untuk dapat menjangkau konsumen dengan lebih efektif. Manfaatkan celah ini jika pesaing tidak memanfaatkannya dengan baik dan benar.

 

  1. Threats (Ancaman)

 

Biasanya pesaing memiliki ancaman yang menyulitkan pergerakan perusahaan. Untuk dapat mengatasinya, Anda butuh strategi terbaik berdasarkan ketiga aspek sebelumnya. Dengan begitu, perencanaan akan lebih bagus untuk menghalau ancaman yang ada.

 

Dari keempat poin tersebut, Anda tentunya bisa merencanakan strategi pemasaran terbaik. Dari segmentasi pasar, analisis pasar hingga analisis pesaing, semua data berguna untuk mencapai target. Nantinya, data tersebut berguna ketika Anda melakukan promosi.

 

Kegiatan promosi bisa menjadi lebih efektif ketika semua aspek yang komplit sudah ada dalam data perusahaan. Jadi tahap akhir yang perlu perusahaan lakukan adalah mengeksekusinya langsung berdasarkan studi kelayakan pasar sebelumnya.

 

 

Baca Juga :  Perpanjangan Izin Apotek

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *