fbpx

Syarat NPT

Syarat NPT
Syarat NPT

 

Apa Saja Syaratnya?

 

Memahami syarat NPT sangat diperlukan ketika Anda ingin mengajukannya. Sebab tanpa memahami syarat tersebut, produk Anda akan sulit mendapatkan sertifikat NPT sehingga jadi sulit saat hendak menjualnya.

 

Pasti Anda sudah memahami bahwa NPT merupakan Nomor Pelumas Terdaftar. Nomor ini berguna sebagai identifikasi produk oli yang sudah lolos uji secara fisik ataupun kimia.

 

Untuk mendapatkan sertifikasi NPT tersebut memang tidak terbilang mudah. Sebab ada beberapa syarat agar sebuah produk bisa mendapatkan NPT. Produk yang tidak sesuai dengan syarat tersebut tidak akan mendapatkan NPT.

 

Namun masih banyak produsen oli yang belum memahami apa saja syarat tersebut. Oleh karena itu melalui artikel ini kami akan memberikan informasi seputar syarat agar bisa mendapatkan NPT.

 

Beberapa Syarat NPT Produk Oli

 

Tidak semua oli secara otomatis akan mendapatkan NPT. Sebab memang fungsi NPT adalah menjadi standar bahwa suatu produk telah lolos uji. Sehingga ada syarat agar sebuah produk oli mendapatkan NPT.

 

Jika Anda adalah perusahaan oli ataupun importir oli, maka wajib memahami persyaratan ini. Berikut ini adalah beberapa syarat agar suatu produk oli bisa mendapatkan NPT.

 

  1. Sumber Perolehan Pelumas

 

Produk oli yang beredar di Indonesia perlu memperhatikan sumber perolehannya. Sebab sumber perolehan oli tidak bisa sembarangan. Oli yang tidak jelas sumber perolehannya tidak akan mendapatkan NPT.

 

Sehingga memahami sumber perolehan pelumas merupakan hal penting untuk mengajukan NPT. Apalagi jika Anda adalah importir sehingga harus memahami sumber atau asal perolehan pelumas tersebut.

 

  1. Komposisi Pelumas

 

Komposisi oli atau pelumas juga akan menentukan apakah bisa mendapatkan NPT atau tidak. Oli dengan komposisi yang tidak sesuai standar atau aturan Indonesia akan kesulitan mendapatkan NPT.

 

Berbicara komposisi dalam hal ini bukan hanya tentang bahan atau kandungan di dalam oli. Namun hal yang juga sangat penting adalah besaran kandungan tiap komponen tersebut.

 

  1. Standar dan Mutu Pelumas

 

Tentunya mutu pelumas akan menjadi penentu mendapatkan NPT atau tidak. Pelumas yang tidak bermutu atau tidak sesuai standar tidak akan bisa mendapatkan NPT hingga ada peningkatan mutu dari produk tersebut.

 

Alasan Pentingnya NPT Pada Produk Oli

 

Anda telah memahami syarat NPT secara teknis. Sehingga ketika membuat produk oli, pastikan sudah memperhatikan syarat tersebut agar bisa mendapatkan NPT secara lebih mudah dan cepat.

 

Namun mungkin beberapa orang mempertanyakan mengapa memiliki NPT tersebut merupakan suatu hal penting ketika menjual produk oli. Sebenarnya ada beberapa alasan untuk menjawab mengapa NPT adalah hal penting.

 

Satu alasan utama mengapa NPT penting adalah untuk melindungi pelanggan. Sebab seperti yang Anda bisa lihat bahwa pengujian oli untuk mendapatkan NPT sebagian besar berkutat pada kualitas produk.

 

Hal ini sangat penting agar pelanggan tidak mendapatkan produk oli yang kurang layak. Mengingat betapa pentingnya oli atau pelumas. Oli yang buruk bisa menyebabkan masalah lebih banyak.

 

Sehingga pemerintah berupaya untuk melindungi pelanggan agar tidak mendapatkan oli dengan kualitas buruk. Salah satunya dengan mengharuskan setiap produk oli lolos uji untuk mendapatkan NPT.

 

Dengan adanya NPT, pelanggan jadi lebih mudah memilih produk oli yang aman dan tidak berbahaya. Berbeda jika tidak ada NPT yang membuat potensi beredarnya oli berkualitas rendah sangat besar.

 

Selain beberapa syarat yang telah kami sebutkan, sebenarnya masih ada syarat lain untuk keperluan administratif. Contohnya seperti akte pendirian perusahaan, NPWP dan berbagai hal lainnya.

 

Namun syarat administratif tersebut cenderung lebih mudah untuk Anda penuhi. Sementara banyak perusahaan yang kesulitan untuk bisa memenuhi syarat NPT bersifat teknis sehingga perlu Anda perhatikan lebih dalam.

 

 

Baca Juga :  Syarat Membuat SUP

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com

Bagikan ke: