fbpx
Syarat Pembuatan TKDN 2024 dan Dokumen Kelengkapannya

Bagi Anda yang ingin membuat sertifikat TKDN, pastikan melengkapi syarat pembuatan TKDN 2024 terlebih dahulu. Sebelum mengurus pembuatan TKDN untuk perusahaan industri, Anda perlu menyiapkan dokumen karena saat registrasi kesesuaian berkasnya akan diperiksa.

Simak dokumen apa saja yang perlu disiapkan sebagai syarat pembuatannya dan yang sesuai prosedur sebagai berikut.

Syarat Pembuatan TKDN 2024 yang Wajib Dilengkapi 

Penting diperhatikan bahwa produk yang mengajukan sertifikat TKDN harus sama dengan bidang usaha yang terdaftar di izin usaha industri. Jika sudah menyiapkan dokumen syarat pembuatan TKDN 2024, Anda bisa lanjut ke tahap untuk mendapatkan sertifikatnya.

Tahapan untuk Mendapatkan Sertifikat TKDN

  1. Ajukan ke Lembaga Independen

Jika seluruh dokumen persyaratan sudah lengkap, Anda bisa langsung membuat permohonan sertifikasi TKDN ke Lembaga Independen. Lembaga yang dipilih haruslah lembaga resmi yang ditugaskan langsung oleh pemerintah.

Anda sebagai pengusaha juga bisa memilih konsultan sebagai pendamping khususnya untuk membantu proses perhitungan TKDN.

  1. Proses Penerimaan dari Lembaga Independen

Setelah mengajukan permohonan tersebut, Anda tinggal menunggu proses penerimaan dari pihak lembaga tersebut. Proses ini memuat pemeriksaan yang dilakukan untuk mengecek kesesuaian dari dokumen yang telah diberikan perusahaan.

Jika dokumen didapati masih belum lengkap, maka berkasnya masih perlu direvisi dan dilengkapi kembali oleh pihak perusahaan yang mengajukan.

  1. Survei Lapangan oleh Pihak Lembaga Independen

Lembaga Independen juga berperan untuk turun secara langsung ke lapangan. Ini dilakukan untuk melihat bobot dari nilai TKDN yang telah dihitung sebelumnya. Pemeriksaan ini berlaku untuk barang, jasa, serta gabungan dari keduanya.

  1. Pembuatan Laporan Hasil Survei

Dari hasil survei lapangan yang telah dilakukan, tahap selanjutnya laporan hasil surveinya tersebut dibuat oleh pihak pejabat yang ditugaskan. Tahap ini merupakan penentu apakah permohonan sertifikasi dapat dilanjutkan atau langsung ditolak.

  1. Input Draft TKDN

Pejabat yang telah ditugaskan sebelumnya juga yang berperan menginput draft TKDN ini. Dimana draft ini dimasukkan secara online sesuai dengan pedoman dari penerbitan sertifikasi TKDN yang ada.

 

 

  1. Pemaparan oleh Lembaga Independen

Setelah input data selesai, Lembaga Independen mulai memaparkannya kepada pihak pusat P3DN. Dimana dari data-data tersebut P3DN akan menjadikannya sebagai pedoman untuk menerima atau tidak ajuan sertifikasi tersebut.

  1. Pengesahan TKDN

Setelah pusat P3DN memutuskan menerima pengajuan tersebut, maka tahap selanjutnya adalah pengesahan TKDN. Pengesahan ini dilakukan oleh P3DN termasuk proses penerbitan nilai TKDN di website P3DN.

  1. Penyerahan ke Lembaga Verifikasi Independen

Lembaga Verifikasi Independen yang dipilih perusahaan akan menerima sertifikat TKDN yang diserahkan oleh P3DN. Tahap terakhir, dari lembaga tersebut langsung menyerahkan sertifikatnya kepada Anda sebagai pengusaha yang mengajukan verifikasi sertifikat TKDN.

Demikian syarat pembuatan TKDN 2024 yang perlu Anda siapkan untuk mendapatkan sertifikat TKDN. Pastikan melengkapi seluruh dokumen persyaratannya jangan sampai ada yang terlewat agar proses pemeriksaannya lancar. Jangan lupa ikuti tahap-tahap untuk mendapatkan sertifikatnya yang telah diulas lengkap di atas.

MORE DETAIL INFO FOR TKDN CERTIFICATE PLEASE  CALL US :

CALL / WA : +62811-1280-843 Devi

Email : info@konsultanindustri.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *