0811-1280-843

+62172741380

Urus TKDN

Urus TKDN

Urus TKDN

Mereka yang mencintai dan menghargai perusahaannya selalu mengikuti peraturan termasuk urus TKDN. Sesungguhnya, mengurus TKDN tidak perlu Anda lakukan secara mandiri karena kini banyak jasa pengurusan TKDN yang bersedia membantu. Hubungi salah satu jasa kenalan Anda dan diskusikan kebutuhan serta tarif jasanya.

Prosedur Lengkap Urus TKDN

1. Penyedia Jasa atau Produsen Mengajukan Sertifikasi

Step pertama Anda harus mengajukan sertifikasi TKDN terlebih dahulu. Agar prosesnya berjalan lancar dan sukses, siapkanlah berbagai berkas persyaratan. Anda bisa cek jenis-jenis persyaratan dari dokumen lengkap peraturan TKDN atau minta informasi dari konsultan jasa pengurusan terpercaya.

2. Surveyor Independen Menerima Pengajuan

P3DN mungkin menjadi pihak yang berwenang untuk mengesahkan dan menerbitkan sertifikat TKDN namun pihak pertama yang Anda tuju bukanlah mereka.  Ajukan permohonan sertifikasi TKDN pada salah satu lembaga surveyor independen yang telah pemerintah tunjuk dengan bantuan perusahaan jasa pengurusan TKDN.

3. Survei Sekaligus Perhitungan Nilai TKDN ke Lokasi

Step ketiga prosedur urus TKDN terbaru adalah survei lapangan yang menjadi tugas pokok dari lembaga surveyor. Survei ini bertujuan untuk mengetahui nilai TKDN dari barang yang perusahaan Anda produksi atau jasa yang Anda tawarkan.

4. Laporan dan Input Draf Nilai TKDN Online

Hasil penilaian TKDN berdasarkan survei lapangan berakhir dalam bentuk laporan. Laporan ini nantinya lembaga surveyor input secara online sehingga petugas P3DN bisa mengunduh dan menggunakannya sebagai bahan rapat panel.

5. P3DN Menerima Laporan

Dalam satu hari bisa jadi ada banyak sekali laporan dan input draf TKDN yang P3DN terima. Mereka akan mengunduh semua laporan tersebut tanpa terkecuali.

6. Melakukan Rapat Panel Laporan Nilai TKDN

Untuk memastikan apakah penghitungan nilai TKDN barang atau jasa sesuai dengan hasil capaian rekapitulasi TKDN maka P3DN membuka rapat panel. Rapat panel ini berisi beberapa agenda yang tujuan utamanya adalah keputusan penerbitan atau penolakan sertifikasi TKDN.

7. Cetak Sertifikat dan Penyerahan ke Surveyor Independen

Berkas pengajuan TKDN yang memenuhi syarat usai melalui beberapa tahapan akan segera P3DN cetak dan sahkan. Sertifikasi TKDN yang sudah jadi petugas kirimkan ke lembaga surveyor Independen.

8. Penyedia Jasa atau Produsen Menerima Sertifikat TKDN

Sertifikasi TKDN milik perusahaan yang sudah cetak dan sah bisa Anda terima dari lembaga surveyor independen.

Mengapa Perlu Mengurus Sertifikat TKDN?

1. Meningkatkan Produktivitas Industri Nasional

Apa pendapat Anda mengenai cara urus TKDN barang dan jasa sebagaimana yang telah kami jelaskan sebelumnya? Setiap perusahaan biasanya memiliki pengalaman yang berbeda saat mengurus TKDN. Perusahaan yang menggunakan jasa profesional cenderung lebih cepat memperoleh sertifikasi TKDN.

Sertifikasi TKDN yang Anda terima memiliki banyak fungsi salah satunya meningkatkan produktivitas industri skala nasional. Bila sebelumnya produk atau jasa perusahaan Anda kalah saing dengan milik luar negeri maka berkat TKDN kemungkinan keberhasilan meningkat tajam.

2. Menambah Nilai Jual Jasa atau Barang

Perusahaan yang melakukan kewajibannya mengurus TKDN barang atau jasa berkesempatan besar untuk meningkatkan nilai jual dari bisnis yang mereka lakukan. Masih belum yakin? Buktinya banyak sekali perusahaan yang berhasil tumbuh dan bertahan dalam gelombang persaingan usai menerbitkan TKDN.

TKDN merupakan dokumen penting yang membawa angin segar terhadap industri tanah air. Tapi ironisnya hingga sekarang masih banyak perusahaan yang belum mengurus TKDN.

3. Menjadi Syarat Partisipasi Tender

Salah satu alasan utama banyak perusahaan berbondong-bondong mengurus TKDN karena berminat mengikuti tender. Konon, TKDN menjadi salah satu persyaratan wajib mengikuti tender. Bila perusahaan Anda dalam waktu dekat ini ingin ikut tender maka mulailah bersiap urus sertifikasi TKDN.

Sudah membuat keputusan untuk mengurus atau menunda sertifikasi TKDN? Proses pengurusan TKDN bisa lebih cepat ketika Anda menghubungi jasa pengurusan profesional. Mereka mampu urus TKDN dengan mudah karena sudah menjadi tugas atau pekerjaan utamanya.

Baca Juga : Solusi Mudah Mendapatkan Surat Ijin Usaha

INFO LEBIH DETAIL UNTUK PEMBUATAN DAN PERPANJANGAN BISA MENGHUBUNGI KAMI :

CALL / WA : +62811-1280-843 Catur Iswanto

Email : info@konsultanindustri.com